Tahun 2022, Disdikbud Kalsel Bangun 5 Unit Sekolah Baru di Daerah Terpencil

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, M. Yusuf Effendi di ruang kerjanya.

Dalam rangka upaya pemerataan akses pendidikan di 13 Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalsel kembali membangun 5 Unit Sekolah Baru (USB) SMA, SMK, dan SLB di tahun 2022.

Kepala Disdikbud Kalsel, M. Yusuf Effendi mengatakan topografi dan geografis wilayah Provinsi Kalsel terbagi atas empat kawasan yakni daerah rawa, dataran, pegunungan dan kepulauan.

“Kondisi ini mengakibatkan infrastruktur sarana dan prasana pendidikan tidak bisa dijangkau olah masyarakat yang ada di daerah terpencil yang aksesnya jauh dari perkotaan,” ucapnya, Banjarbaru, Senin (17/1/2022).

Sejak tahun 2017 hingga 2021, Pemprov Kalsel melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan telah mendirikan 12 USB tingkat SMA/SMK.

Pada tahun 2022 ini pihaknya kembali membangun 5 Unit Sekolah Baru SMA, SMK dan SLB pada beberapa daerah di Kabupaten/Kota.

“Untuk SMK di Kabupaten Tapin, SMA ada dua di Kabupaten Kotabaru serta SLB dua tempat yaitu Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Kabupaten Tapin,” ungkapnya.

Yusuf mengungkapkan pembangunan ini merupakan kolaborasi antara Pemprov Kalsel dengan Kabupaten/Kota yang ada, yang mana salah satu bentuk kerja samanya ialah pada alokasi anggaran. Untuk Pemprov hanya menyediakan bentuk fisik; sementara dari Kabupaten/Kota yang menyediakan tanahnya.

“Oleh karena itu, kami berterima kasih kepada Bupati dan Wali Kotamemberikan perhatian dalam membangun sekolah baru,” pungkasnya. MC Kalsel/usu

Mungkin Anda Menyukai