Resmi Menjadi BLUD, Laboratorium Bahan Konstruksi Siap Tingkatkan Pelayanan

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Lab Bahan Konstruksi, Gusnawansyah (kanan) di Banjarmasin, Rabu (12/1/2022). MC Kalsel/tgh

Laboratorium Bahan Konstruksi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) telah resmi menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) sejak per 1 November 2021.

“Kami sudah ditetapkan menjadi BLUD di akhir 2021. Setelah menjadi BLUD, banyak yang harus disiapkan, baik dalam hal administrasi maupun program kegiatan khususnya di tahun 2022,” kata Plt Kepala UPT Laboratorium Bahan Konstruksi, Nasrulla melalui Kepala Sub Bagian Tata Usaha Lab Bahan Konstruksi, Gusnawansyah di Banjarmasin, Rabu (12/1/2022).

Gusnawansyah mengatakan setelah menjadi BLUD merupakan suatu tantangan tersendiri dalam meningkatkan pelayanan dan Pedapatan Asli Daerah (PAD).

“Dimana target kita tahun 2022 untuk PAD sebesar Rp1.5 miliar. Sedangkan di Tahun 2021 target PAD di Rp500 juta,” ujarnya.

Untuk mencapai hal, tersebut maka pihaknya akan meningkatkan pelayanan dan memanfaatkan sosial media sebagai sarana sosialisasi mengenai laboratorium bahan konstruksi dan menjalin kerjasama dengan instansi Pemprov Kalsel yang memiliki proyek konstruksi.

“Jadi kita akan jalin kerja sama ke instansi maupun perusahaan untuk mengajak mereka melakukan pengujian di Laboratorium Bahan Konstruksi. Apalagi kami memiliki Sertifikat Akreditasi ISO/IEC 17025-2017 oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN),” ungkapnya.

Kemudian dari segi akses layanan, kata Gusnawansyah pihaknya akan mengembangkan sistem e-loket online. E-loket online merupakan sebuah sistem untuk mempermudah akses layanan Laboratorium Bahan Konstruksi terhadap para pelanggan ketika ingin melakukan pendaftaran.

“Jadi aplikasi ini mempermudah pelanggan untuk mendaftar tanpa harus datang langsung ke kantor. Sehingga mereka tinggal membawa sampel bahan konstruksi ke kami atau sebaliknya, sampelnya ditempat mereka maka petugas yang langsung melakukan pengujian ditempat,” paparnya.

Sebagai informasi layanan yang ada pada Laboratorium Bahan Konstruksi meliputi, pertama, pengujian bahan bangunan yaitu melaksanakan pengujian bahan material seperti beton untuk konstruksi, bahan material untuk campuran aspal, desain campuran beton dan material lainnya yang berkaitan dengan bangunan gedung dan jalan.

Kedua, pengujian tanah dan batuan yaitu melaksanakan pengujian tanah dan material batuan yang berkaitan dengan daya dukung tanah untuk pondasi bangunan dan struktur jalan.

Ketiga, pengujian air yaitu melaksanakan pengujian kualitas air dan air limbah lingkungan maupun pabrik dan keempat, pengujian lapangan yaitu melaksanakan pengujian atas struktur konstruksi di lapangan seperti Hummer test, Core drill, dan sondir.

Sedangkan jam pelayanan Laboratorium Bahan Konstruksi dari hari Senin s.d. Jumat dimulai pukul 08.00 sampai 16.00 WITA beralamat Jl. Yos Sudarso No. 35 Kel. Telaga Biru Kec. Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin RT. 34 RW. 02. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai