Gawi Besamaan, Ratusan Warga Jambu Raya Ikuti Vaksinasi Bergerak Dispersip Kalsel

Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie, saat Vaksinasi Bergerak di Desa Jambu Raya, Kabupaten Banjar, Senin (27/12/2021). MC Kalsel/Jml

Menyusul kesuksesan vaksinasi massal di Desa Tambak Padi Kecamatan Beruntung Baru pada (24/12) lalu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan (Kalsel) pun membuat rangkaian Vaksinasi Bergerak di lima desa lainnya di Kecamatan Beruntung Baru, Kabupaten Banjar.

Dimulai di Desa Jambu Raya, Vaksinasi Bergerak ini akan dilanjutkan di Desa Haur Kuning, Desa Handil Purai, Desa Jambu Burung, dan Desa Salat Makmur hingga 31 Desember nanti.

“Tercatat sekitar 308 orang yang telah divaksin hari ini, ini menandakan antusias warga Jambu Raya untuk divaksinasi sangat tinggi, apalagi Dispersip Kalsel kembali menghadirkan sejumlah hiburan seperti musik organ tunggal, perpustakaan keliling, badut, hingga berbagi souvenir atau doorprize dan bibit tanaman gratis bagi masyarakat yang sudah di vaksin,” kata Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie, Kabupaten Banjar, Senin (27/12/2021).

Selain bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas Kecamatan Beruntung Baru, Dispersip Kalsel juga menggandeng sejumlah SKPD lingkup Pemerintah Provinsi Kalsel seperti, Dinas Perkim, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan Biro Administrasi Pembangunan.

Nurliani mengatakan, kolaborasi ini dilakukan sebagai bentuk dukungan untuk percepatan capaian vaksinasi di Banua.

“Alhamdulillah kegiatan hari ini kita disokong oleh sejumlah SKPD lingkup Pemprov Kalsel, BPBD Kota Banjarbaru, dan sejumlah relawan yang tidak ingin disebutkan namanya,” ujar Nurliani.

Melalui kegiatan ini, Nurliani mengatakan pihaknya juga berbagi kebahagiaan kepada masyarakat, sebagai rasa terima kasih dari Pemerintah Provinsi Kalsel atas partisipasi mendukung percepatan vaksinasi COVID-19.

“Jadi ini kami gawi besamaan (kerja bersama) berbagi kegembiraan, sebagai rasa terima kasih kami (Pemerintah Provinsi) kepada masyarakat atas kesediannya datang sukarela untuk bervaksin,” tutur Nurliani.

Nurliani pun mengajak SKPD lingkup Pemerintah Provinsi Kalsel lainnya yang masih belum memenuhi target untuk ikut bergabung, sembari bersilaturahmi kepada masyarakat yang tinggal jauh di desa.

“Jadi ayo bagi SKPD yang masih belum memenuhi target saya persilakan untuk gabung, kami akan melaksanakannya hingga tanggal 31 Desember mendatang. Capaian perolehan orang yang tervaksin melalui Palnam Bergerak Gawi Basamaan ini, saya niatkan untuk diberikan kepada SKPD yang telah mendukung,” kata Nurliani.

Di tempat yang sama, Camat Beruntung Baru, Agus Muslim merasa senang melihat banyaknya warga yang mengikuti vaksinasi ini, untuk mengejar capaian target vaksin hingga akhir tahun.

“Kami sangat berterima kasih atas dukungannya dalam meningkatkan antusias masyarakat Desa Jambu Raya untuk bervaksin, selain itu juga kami berterima kasih karena telah menghadirkan perpustakaan keliling untuk mencerdaskan anak-anak di desa kami,” kata Agus.

Agus menyebutkan, sejauh ini capaian vaksinasi di kecamatan Beruntung Baru sudah mencapai sekitar 60 persen, dan setiap harinya pihak Kecamatan Beruntung Baru menargetkan sebanyak 350 warga bisa tervaksinasi.

“Semoga dengan adanya keterlibatan dari berbagai pihak target harian vaksinasi di tempat kami bisa tercapai. Dan mudah-mudahan kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut,” harap Agus. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai