Percepatan Cakupan Vaksin, Dinkes Kalsel Buka Gerai Vaksinasi

Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Muhammad Muslim

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melaui Dinas Kesehatan Kalsel terus berupaya keras penuhi capaian vaksinasi di Kalsel dengan menyiapkan sentra-sentra vaksinasi.

Adapun sentra vaksinasi yang disediakan yaitu di halaman Kantor Dinkes Kalsel, halaman Kantor Samsat I Kilometer 6, Q Mall Banjarbaru, dan Bappelkes.

Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Muhammad Muslim mengatakan untuk mempercepat capaian vaksinasi, pihaknya membuka beberapa sentra tempat vaksinasi yang ada di Kabupaten/Kota.

“Ini upaya pro aktif serta inisiatif dari Pemprov Kalsel untuk meningkatkan cakupan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten/Kota. Dimana masih ada yang cakupan vaksinasinya rendah,” kata Muslim, Kamis (23/12/2021).

Berdasarkan data presentasi cakupan vaksinasi di Kabupaten yang masih rendah yakni Kabupaten Banjar, namun saat ini sudah mulai bergerak dan dalam sehari mampu capai 1,5 sampai 2 persen per hari.

Dari semula hanya 22 persen saat ini sudah dua kali lipat meningkat menjadi 48 persen. ”Mudahan-mudahan dapat ditingkatkan lagi sehingga bisa mencapai target,” ungkapnya.

Selain meningkatkan cakupan vaksin, Muslim menghimbau agar masyarakat tidak memilih-milih vaksin. Karena semua jenis vaksin yang disediakan pemerintah sudah berstandar dan direkomendasikan BBPOM.

“Semua vaksin yang ada memiliki kemampuannya masing-masing. Oleh karena itu, masyarakat tidak perlu memilih-milih vaksin,” ujarnya.

Ia menjelaskan, semua vaksin memiliki tujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan COVID-19.

“Semua vaksin memiliki tujuan sama yaitu kekebalan tubuh. Vaksin juga sudah melalui uji secara klinis berdasarkan rekomendasi BBPOM,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai