Selesaikan Bimbingan, Klien PSBW Melati Siap Mandiri dan Berkepribadian

Kepala Dinas Sosial Kalsel, Siti Nuriyani, Banjarbaru, Rabu (22/12/2021). MC Kalsel/Rns

Bertepatan dengan Peringatan Hari Ibu, sebanyak 44 klien Panti Sosial Bina Wanita (PSBW) Melati Dinas Sosial Kalimantan Selatan (Kalsel) angkatan XXVI tahun 2021 menyelesaikan bimbingan yang telah dijalani selama enam bulan terakhir.

Kepala Dinas Sosial Kalsel, Siti Nuriyani mengatakan para klien yang berasal dari 13 Kabupaten/Kota se-Kalsel telah dibentuk sebagai wanita yang mandiri dan berkepribadian.

“Mandiri dalam arti mampu memenuhi kebutuhannya, seperti membuka usaha sendiri dan mampu melaksanakan tugas-tugas kehidupan sebagai makhluk individu dan makhluk sosial, berkepribadian dalam arti mampu bersikap dan bertingkah laku yang sesuai dengan tuntutan lingkungan masyarakat di manapun berada,” kata Nuriyani, Banjarbaru, Rabu (22/12/2021).

Sementara itu, Kepala PSBW Melati, Fathul Jannah, menyebutkan pihaknya tidak hanya memberikan keterampilan kerja, tetapi juga memberikan bimbingan fisik dan keagamaan, juga pembinaan mental sosial.

“Bimbingan keterampilan diikuti semua klien yaitu 44 orang klien, berupa keterampilan inti dan keterampilan tambahan. Keterampilan inti yaitu, tata busana, tata rias serta tata boga. Sedangkan keterampilan tambahan berupa home industry sasirangan, seni musik, kewirausahaan, keterampilan payet/air guci/aksesoris/manik, keterampilan komputer, home industry kain perca, bordir, seni tari, vokal,” kata Fathul.

Selain itu, Fathul mengatakan PSBW Melati juga melaksanakan Praktik Belajar Kerja (PBK) di akhir bimbingan, yakni pada bulan November dan Desember yang diikuti oleh semua klien.

“Dan pada kesempatan ini (PBK) bahwa untuk tata boga juara I diraih Banjarbaru, juara II Hulu Sungai Tengah dan juara III Tanah Laut. Untuk tata rias juara I diraih Hulu Sungai Tengah, juara II Tanah Bumbu dan juara III Kotabaru. Untuk tata busa juara I Tanah Bumbu, juara II Banjar dan juara III Hulu Sungai Tengah,” kata Fathul.

Selanjutnya, dalam rangka melakukan evaluasi terhadap kinerja secara periodik, PSBW Melati juga memberikan penghargaan kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun Pegawai Kontrak (non PNS) atas dedikasi, kedisiplinan dan kinerja.

Adapun yang mendapat penghargaan yaitu Fathul Jannah selaku Kepala PSBW Melati, Syamsir Rakhim petugas keamanan, Nenda Mai Syarah pengelola asrama, Mursyidah pengolah makanan, Husaini pengemudi, Saifullah pengemudi, Muhammad petugas keamanan, dan Syahruddin Hasani petugas keamanan. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai