Pemprov Kalsel Ikuti Peluncuran Pusat Industri Digital Indonesia 4.0

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kalsel, Syaiful Azhari mengikuti Peluncuran PIDI 4.0 yang memiliki visi sebagai solusi satu atap penerapan Industri 4.0 di Indonesia dan Jendela Indonesia 4.0 untuk dunia secara virtual, di Banjarbaru, Kamis (2/12/2021). MC Kalsel/Ar

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) mengikuti Peluncuran Pusat Industri Digital Indonesia (PIDI) 4.0 yang memiliki visi solusi satu atap penerapan industri 4.0 di Indonesia dan jendela Indonesia 4.0 untuk dunia.

Peluncuran dilakukan oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita dan dihadiri Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kalsel, Syaiful Azhari mewakili Gubernur Kalsel, secara virtual di Banjarbaru, Kamis (2/12/2021).

Agus mengatakan, visi yang diusung PIDI 4.0 memiliki dan menjalankan lima pilar, terutama berkaitan dengan desain konseptual untuk showcase.

“PIDI 4.0 merupakan showcase untuk menunjukkan bagaimana teknologi dapat menciptakan efisiensi dan peningkatan produktivitas pada lini produksi. Showcase ini secara khusus diarahkan untuk industri makanan dan minuman serta otomotif dari industri tier 1 di Indonesia,” ucap Agus.

Agus mengatakan, Kementerian Perindustrian akan mengembangkan satelit-satelit PIDI 4.0 yang berlokasi di sekolah-sekolah politeknik, SMK, dan kawasan-kawasan industri.

“Satelit-satelit ini berfungsi sebagai media akselerasi penyiapan sumber daya manusia yang mampu menjadi agen transformasi Industri 4.0,” tambah Agus.

Saat ini, sebanyak 20 perusahaan telah bergabung sebagai mitra dalam ekosistem PIDI 4.0.

“Mudah-mudahan mitra PIDI 4.0 turut membantu percepatan transformasi industri 4.0 di Indonesia,” kata Agus. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai