DPPPA Kalsel Perkuat Komitmen PUG melalui PPRG

Foto bersama pada Pelatihan PPRG bagi Perencanaan Perangkat Daerah Kabupaten/Kota, di Banjarbaru, Selasa (30/11/2021). DPPPA Kalsel/dok

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan Pelatihan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) bagi Perencanaan Perangkat Daerah Kabupaten/Kota, di Banjarbaru, Selasa (30/11/2021).

Kepala DPPPA Kalsel, Husnul Hatimah, mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk menguatkan komitmen dan peran strategis masing-masing SKPD penggerak dalam melaksanakan percepatan pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) di daerah melalui PPRG.

“Jadi kami berikan pelatihan PPRG untuk mengidentifikasikan dan mengintegrasikan isu gender ke dalam program atau kegiatan di setiap SKPD dan untuk menguatkan para program perencanaan di DPPPA Kabupaten/Kota dalam penggaran yang reponsif gender,” ujar Husnul.

PUG, lanjut Husnul, merupakan strategi yang dibangun untuk mengintegrasikan perspektif gender menjadi satu dimensi integral dari perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi.

“PPRG merupakan suatu proses yang perlu dilaksanakan oleh para perencana, sebagai wujud adanya komitmen para pengambil keputusan, dengan harapan kegiatan yang dilaksanakan dapat bermanfaat bagi masyarakat,” kata Husnul.

Husnul menekankan, PPRG bukanlah suatu proses yang terpisah dari sistem perencanaan dan penganggaran, namun merupakan alat penyusunan dengan menjembatani perbedaan pengalaman, aspirasi, kebutuhan, dan permasalahan perempuan dan laki-laki.

“Penyusunan PPRG mempunyai tujuan meningkatkan kesadaran dan pemahaman para pengambil keputusan tentang pentingnya isu gender dalam kebijakan pembangunan,” ucap Husnul.

Hingga saat ini, SDM pelaksana PPRG masih memiliki pemahaman yang lemah tentang isu gender, khususnya di kalangan perencana program kegiatan, sehingga belum sepenuhnya mengintegrasikan isu gender.

“Semoga dengan adanya pelatihan ini, kita akan lebih memahami dan mengerti tentang PUG dan PPRG pada tatanan koseptual, aktualisasi, dan perkembangan terbarunya, serta mendorong komitmen pimpinan dalam melaksanakan PUG melalui PPRG dengan meningkatkan mutu atas penyelenggaraan PUG di daerah kususnya seluruh Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan,” kata Husnul. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai