Tingkatkan Kapasitas Distribusi Air, Pembangunan SPAM Banjarbakula Tahap II Dipastikan Selesai Akhir Tahun

Progres pembangunan SPAM Regional Banjarbakula Tahap II di Banjarbaru. MC Kalsel/tgh

Proyek pembangunan tahap II sistem penyediaan air minum (SPAM) Regional Banjarbakula di Banjarbaru memasuki tahap akhir dan dipastikan akhir tahun 2021 selesai.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kalsel, Agung Dewanto mengatakan pembangunan SPAM Banjarbakula tahap II direncanakan akan selesai di akhir tahun 2021 dan jika selesai akan dilakukan serah terima berita acara pinjam pakai dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Provinsi.

“Bila ini selesai akan ada serah terima. Karena menunggu proses administrasi hibah cukup lama,” ujar Agung di Banjarbaru, Rabu (24/11/2021).

Menurutnya, pembangunan SPAM Regional Banjarbakula tahap II bakal meningkatkan kapasitas pendistribusian air bersih ke lima PDAM yaitu Banjarmasin, Banjarbaru, Batola , Banjar dan Tanah Laut.

“Jadi pembangunan SPAM Banjarbakula tahap II yang berkapasitas 500 liter per detik lebih besar dari pada kapasitas sebelumnya. Sehingga bila ditambah dengan kapasitas yang sudah ada menjadi 750 liter per detik,” ungkapnya.

Untuk sebelumnya kapasitas SPAM Regional Banjarbakula tahap I hanya berkapasitas 250 liter per detik. “Saya berharap dengan adanya pembagunan tahap II ini mampu meningkatkan distribusi air ke masyarakat,” tuturnya.

Selain itu, proyek peningkatan SPAM Banjarbakula tahap II kata Agung, meliputi pekerjaan pembangunan instalasi pengolahan air (IPA) berkapasitas 500 liter per detik (lpd), bangunan reservoir Muslimin berkapasitas 2.000 meter kubuk (m3), reservoir Pinus berkapasitas 1.000 m3, beserta rumah pompa dan sistem monitoring.

Pembangunan tahap II SPAM Regional Banjarbakula dikerjakan oleh kontraktor PT Jasuka Bangun Pratama dengan nilai kontrak Rp86,17 miliar dan konsultan supervisi PT Intimulya Multikencana.

Disisin lain, Direktur Teknik PDAM Intan Banjar, Said Umar mengatakan dengan dibangunnya SPAM Regional Banjarbakula tahap II dengan kapasitas 500 liter per detik diharapkan bisa meningkatkan cakupan pendistribusian air bersih ke masyarakat.

“Jadi dengan bertambahnya kapasitas ini, kedepannya kita mempunyai target untuk menambah sekitar 3.000 saluran pemasangan baru ke masyarakat,” katanya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai