DPRD dan Dispersip Tapin Gali Pengelolaan Arsip di Depo Arsip Kalsel

Dokumentasi kunjungan DPRD dan Dispersip Tapin ke Depo Arsip Dispersip Kalsel. dok

Depo Arsip Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan (Kalsel) mendapatkan kunjungan dari Dewan Perwakilan Rakyat Dearah (DPRD) Kabupaten Tapin dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tapin, Selasa (23/11) kemarin.

“Alhamdulillah, artinya dengan kunjungan ini Kabupaten Tapin mempunyai komitmen yang kuat terhadap arsip,” ujar Kepala Bidang Pelayanan dan Pembinaan Perpustakaan, Wildan Akhyar, mewakili Kepala Dispersip Kalsel, Rabu (24/11/2021).

Wildan mengatakan, pengelolaan arsip sangatlah penting, jika komitmen pimpinan tidak kuat, maka arsip hanya akan dianggap sebagai pelengkap dan tidak penting.

“Dengan adanya komitmen pimpinan, artinya arsip ini jauh lebih diperhatikan dan diberdayakan sehingga arsip di daerah khususnya di Tapin akan lebih maksimal dalam pengelolaan kearsipannya,” harap Wildan.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tapin, Muchtar, mengakui bahwa saat ini belum semua pihak menganggap pengelolaan arsip merupakan suatu hal yang penting. Oleh karena itu, Ia mengatakan kunjungan tersebut bertujuan untuk mendapatkan informasi dan masukan terkait dengan penyusutan dan pemusnahan arsip.

“Masih banyak yang menyepelekan arsip, padahal arsip ini sangatlah penting. Sehingga inilah yang melatar belakangi kami untuk berkunjung ke Depo Arsip Dispersip Kalsel, karena di Tapin sendiri tidak pernah melakukan pemusnahan arsip,” ucap Muchtar.

Senada, Kepala Dispersip Kabupaten Tapin, Zainal Abidin, mengatakan bahwa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapin belum pernah sekalipun melakukan pemusnahan arsip. Namun demikian, pihaknya telah menyiapkan Peraturan Daerah tentang Arsip, yang implementasinya akan dilakukan pada tahun 2022 nanti.

Setelah konsultasi ini, Zainal berharap pihaknya tidak ragu lagi untuk memusnahkan arsip, berdasarkan Jadwal Retensi Arsip (JRA), meskipun masih terkendala sejumlah SKPD yang belum menyelesaikan dokumen kearsipan.

“Kita masih kesulitan untuk memulai, tapi kalau yang pertama ini berhasil, maka seterusnya akan mudah melaksanakannya. Bahkan, kami juga didukung penuh oleh Bupati untuk lebih meningkatkan dalam bidang kearsipan. Kami juga akan segera mengimplementasikan hasil dari kunjungan ini,” kata Zainal. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai