LDNF, Tonggak Menuju Generasi Maju Melek Digital

Suasana Literasi Digital Netizen Fair (LDNF) 2021, di Banjarmasin, Selasa (23/11/2021). MC Kalsel/Jml

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI bekerja sama dengan gerakan Siberkreasi menyelenggarakan Literasi Digital Netizen Fair (LDNF) 2021, di Banjarmasin, Selasa (23/11/2021).

Dibuka oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kalimantan Selatan (Kalsel), Faried Fakhmansyah mewakili Gubernur Kalsel, kegiatan tersebut dilaksanakan secara hybrid dan diikuti oleh ratusan anak muda milenial dari berbagai daerah di Indonesia.

Farid mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel menyambut baik LDNF, apalagi kedepan Indonesia akan menyambut bonus demografi, dimana kemampuan literasi digital sangat diperlukan dalam persaingan global.

“Momentum kegiatan ini diharapkan menjadi tonggak bangsa kita untuk maju kedepannya. Selain itu, juga bisa menjadi media bagi anak-anak Indonesia terutama yang berada di daerah, agar mereka mau terus bergerak, belajar, dan menjadi generasi yang maju,” kata Faried, Banjarmasin, Selasa (23/11/2021).

Untuk mendukung gerakan literasi digital, Faried menyebutkan Pemprov Kalsel telah menyiapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Ini adalah bagian dari persiapan kita untuk meningkatkan kualitas SDM kita di bidang literasi digital, bagaimanapun zaman sudah berubah dimana semua serba digital,” tutur Faried.

Sementara itu, Menteri Kominfo RI, Johnny G. Plate yang hadir secara virtual menekankan di tengah intaian sisi gelap internet saat ini, kecakapan dan peningkatan kompetensi melalui literasi digital menjadi suatu keharusan guna menciptakan ruang digital yang aman, nyaman, positif, dan produktif.

Untuk memastikan pemanfaatan ruang digital yang postif dan optimal, Kementerian Kominfo telah menginisiasi program literasi digital nasional “Indonesia Makin Cakap Digital” yang menyasar 50 juta masyarakat di 514 Kabupaten/Kota di Indonesia sampai tahun 2024 mendatang.

“Program Indonesia Makin Cakap Digital ini hadir untuk meningkatkan dan membekali masyarakat dengan pengetahuan keterampilan teknologi digital agar dapat menjadi talenta digital yang mumpuni dan unggul, serta berdaya saing,” pungkas Johnny. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai