Antisipasi Dampak Hidrometeorologi, Dinsos Kalsel Siapkan Logistik

Kepala Dinas Sosial Kalsel, Siti Nuriyani, di Banjarmasin, Selasa (23/11/2021). MC Kalsel/Rns

Guna mengantisipasi dampak bencana hidrometeorologi yang tidak bisa diprediksi, Dinas Sosial Kalimantan Selatan (Kalsel) menyusun laporan logistik penanggulan bencana semester II tahun 2021, di Banjarmasin, Selasa (23/11/2021).

Kepala Dinas Sosial Kalsel, Siti Nuriyani, menegaskan bantuan tanggap darurat, terutama lauk pauk dan bantuan lainnya harus segera disiapkan, sebagai respons terhadap peringatan cuaca dari BMKG.

“Kondisi saat ini tidak harus selalu mengharap bantuan logistik dari Kemensos dan Dinsos Kalsel, kami terus dan terus berupaya agar ketersediaan logistik terutama lauk pauk harus ada di gudang logistik Dinsos Kalsel dan Dinsos Kabupaten/Kota se-Kalsel, apalagi dana dekonsentrasi sudah dihilangkan oleh Kemensos mulai tahun 2022 ini,” kata Nuriyani.

Selain itu, Nuriyani juga mengatakan Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2018 tentang Standar Pelayanan Minimal menyebutkan bahwa perlindungan dan jaminan sosial pada saat terjadi dan setelah bencana, merupakan hak yang harus diperoleh setiap warga negara.

“Jenis pelayanan dasar SPM bidang sosial bagi Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota salah satunya perlindungan dan jaminan sosial pada saat dan setelah tanggap darurat bencana bagi korban bencana,” kata Nuriyani.

Selain dari pemerintah, Nuriyani juga mengatakan pihaknya berupaya mencari sumber bantuan melalui dunia usaha atau CSR, agar pelayanan kebutuhan dasar para penyintas selalu tersedia.

“Penanggulangan bencana bukan hanya tugas semata pemerintah saja, tapi adanya dunia usaha dan masyarakat,” tambah Nuriyani.

Sementara itu, Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Dinas Sosial Kalsel, Achmadi, mengatakan penyusunan laporan logistik dilakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban yang akuntabel.

“Sekiranya tersusun laporan pengelolaan logistik bencana baik bencana alam maupun bencana sosial yang akuntabel, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan serta terwujudnya pengelolaan logistik yang baik, akuntabel akurat serta penatausahaan barang gudang yang sinergis dengan pencatatan pengelolaan logistik semester II pada Dinas Sosial Kalsel dan Dinas Sosial se-Kalsel tahun 2021,” ucap Achmadi. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai