Banggakan Kalsel, Putri Kebudayaan Kalsel Raih Runner Up 1 Putri kebudayan Nusantara dan Putra Kebudayaan Nusantara Favorit Tahun 2021

M. Hasriandy Chandra (Kiri) perwakilan Kalsel meraih predikat Putra Kebudayaan Nusantara Favorit tahun 2021 dan Dwida Nispuliani (Kanan) yang meraih predikat Runner Up 1 Putri Kebudayaan Nusantara Tahun 2021 pada malam Grand Final Putra Putri Kebudayaan Nusantara tahun 2021. MC Kalsel/usu

Banggakan Kalsel, Putri Kebudayaan Kalsel Raih Runner Up 1 Putri kebudayan Nusantara dan Putra Kebudayaan Nusantara Favorit Tahun 2021

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui bidang kebudayaan mengirimkan perwakilan Putra dan Putri Kalimantan untuk mengikuti Perlombaan Putra Putri Kebudayaan Nusantara Tahun 2021.

Dalam perlombaan kali ini, Kalsel meraih juara untuk kategori Putra Kebudayaan Nusantara Favorit tahun 2021 dan Runner Up 1 Putri Kebudayaan Nusantara Tahun 2021 yang diwakili oleh M. Hasriandy Chandra dan Dwida Nispuliani.

Kepala Seksi Kesenian Bidang Kebudayaan Disdikbud Kalsel, D. Sunjaya Adhiarso mengungkapkan rasa syukur atas perolehan yang didapat oleh perwakilan Kalsel.

“Alhamdulillah pada tahun ini kita bisa mendapatkan juara favorit untuk Putra Kebudayaan Nusantara dan Runner Up 1 untuk Putri Kebudayaan Nusantara,” ucapnya, Banjarmasin, Selasa (9/11/2021).

Pemilihan diadakan mulai tanggal 5 – 8 November 2021 yang berlangsung di D.I Yogyakarta dengan kegiatan dari karantina hingga malam Grand Final.

Sunjaya menegaskan dengan mengikuti kegiatan seperti ini, selain mendapatkan ilmu yang diberikan pada saat karantina dan juga bisa mengenalkan keberagaman budaya Kalsel.

“Seperti pada saat menggunakan tradisional kostum, pada tahun ini Putra dan Putri dari Kalsel menampilkan tradisional kostum “The Nasalis Larvatus, Golden Warrior of Borneo” dan “Putri Mayang Sari, Princess Banjar In The Land of Dayak”. Yang mana mengangkat Binatang Endemik yaitu bekantan dan sejarah putri kesultanan banjar yaitu Putri Mayang Sari,” jelasnya.

Dengan hasil yang telah didapat pada tahun ini, pihaknya akan terus melakukan evalusi dan mempersiapkan pada Putra Putri Kebudayaan Nusantara tahun 2022.

“Untuk tahun depan yang mewakili Putra Putri Kebudayaan Nusantara tahun 2022 ialah pemenang dari Nanang Galuh tahun 2021 yang telah digelar pada akhir Oktober tadi. Jadi akan kami persiapkan lebih matang agar nantinya siap berkompetisi,” pungkasnya. MC Kalsel/usu

Mungkin Anda Menyukai