Tingginya Minat, Dispora Kalsel Akan Dukung Perkembangan E-Sport Melalui Event

Malam puncak penyerahan hadiah para juara Festival E-Sport di GOR Hasanudin Banjarmasin, Rabu (27/10/2021) malam. MC Kalsel/tgh

Tingginya minat dan antusias peserta Festival E-Sport bergerak piala Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), membuat Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalsel akan terus menggelar event-event seperti ini.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel, Hermansyah melihat antusias peserta dari masing-masing lomba seperti 64 tim Mobile Legend, 80 PUBG Mobile, serta 32 tim Pro Evolution Soccer (PES) dalam memperebutkan piala Gubernur Kalsel dan total hadiah sebesar Rp45 juta. Membuktikan bahwa generasi muda Kalsel sangat menggemari Olahraga E-Sport ini dengan banyaknya peserta yang mengikuti.

“Tentu ini memacu kita untuk membuat event-event E-Sport ini lebih besar lagi dan mungkin skala Nasional. Sehingga talenta muda Kalsel bisa terus berkompetisi dan mengharumkan nama banua di bidang E-Sport,” kata Hermansyah saat penyerahan hadiah para juara Festival E-Sport di GOR Hasanudin Banjarmasin, Rabu (27/10/2021) malam.

Hermansyah sangat mengapresiasi yang luar biasa kepada para atlet yang mengikuti festival ini. Baik itu yang menjadi juara maupun belum menjadi juara.

“Kedepan kami akan melakukan pembinaan bagi mereka dengan menyiapkan kompetisi agar mereka dapat berlatih dan siap menghadapi kejuaraan yang lebih tinggi lagi dan menjadi yang terbaik,” ungkapnya.

Dikesempatan yang sama Ketua Umum Indonesia E-sport Association (IESPA) Kalsel, M Syaripuddin mengatakan, pada hari ini telah mendapatkan sang juara dan berharap bisa meningkatkan kemampuannya agar kedepan dapat menapaki jenjang Nasional dan bahkan Internasional.

“Nah dari sini saya berharap, bahwa dengan adanya kegiatan seperti ini bisa mengasah bakat-bakat anak banua khususnya pecinta E-Sport, sehingga mereka juga memiliki rasa percaya diri karena eventnya terus kita gelar,” ujar dia.

Oleh karena itu, IESPA terus melakukan pembinaan dengan menyiapkan tempat atau wadah kepada teman-teman atlet E-Sport banua dengan skala kecil agar mereka terus dapat berlatih.

“Kita juga mencoba mencarikan jalur ke Nasional untuk mereka ikuti sehingga lahir atlet E-Sport yang membawa harum nama banua,” tuturnya.

Adapun, juara 1 lomba Pro Evolution Soccer (PES) dalam Festival E-Sport bergerak piala Gubernur Kalsel, Muhammad Rafiqi mengaku bangga dapat memenangkan event tersebut, karena ia mengenal dan mulai memainkan PES baru dua tahun lalu.

“Tidak menyangka bisa menjuarainya dan saya ucapkan terimakasih kepada semuanya, terlebih orangtua yang sudah mendukung saya,” tandasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai