Kenalkan Informasi Tanaman, Kebun Raya Banua Ciptakan Aplikasi Si Kera Banua

Kepala Seksi Penelitian dan Konservasi Tumbuhan Ex-Situ Kebun Raya Banua, Syahril Jayansyah, Banjarbaru, Selasa (26/10/2021). MC Kalsel/usu

Guna memudahkan masyarakat dalam mengetahui dan mendapatkan informasi tentang tanaman yang ada di wilayah Kebun Raya Banua, UPTD Kebun Raya Banua menciptakan Aplikasi Sistem Informasi Kebun Raya Banua (Si Kera Banua) yang bisa di unduh melalui playstore.

Kepala UPT Kebun Raya Banua, Agung Sriyono mengungkapkan aplikasi ini sebelumnya telah diciptakan di tahun 2019 yang lalu dengan kegunaan untuk mengetahui jenis tanaman apa saja yang ada di Kebun Raya Banua.

“Di setiap tanaman ada barcodenya, jadi apabila masyarakat ingin mengatahui informasi tanaman tersebut hanya perlu memindai saja,” ucapnya, Banjarbaru, Selasa (26/10/2021).

Seiring berjalannya waktu, aplikasi ini sudah berinovasi dan menambah fitur, salah satunya fitur GPS.

“Dengan memasukkan fitur tersebut, para pengunjung bisa mengetahui titik dimana dia berada pada saat mereka berkunjung di Kebun Raya Banua,” tuturnya.

Selain itu, Kepala Seksi Penelitian dan Konservasi Tumbuhan Ex-Situ Kebun Raya Banua, Syahril Jayansyah menambahkan tidak hanya jenis tumbuhan yang ada di kawasan Kebun Raya Banua, tetapi juga pengenalan infrastruktur di kawasan Kebun Raya Banua.

“Itu berfungsi agar masyarakat mengetahui kegunaan setiap infrastruktur yang ada di kawasan Kebun Raya Banua seperti Infrastruktur Rumah Kaca yang digunakan untuk tanaman obat semusim,” jelasnya.

Syahril mengatakan nantinya dengan hanya menggunakan aplikasi ini, para pengunjung bisa langsung mendaftarkan diri apabila ingin mengunjungi Kebun Raya Banua.

“Nantinya para pengunjung tidak perlu lagi membeli tiket masuk, cukup dengan mendaftarkan diri lalu melakukan pembayaran di aplikasi tersebut untuk memudahkan pengunjung serta mengurangi kontak fisik,” pungkasnya. MC Kalsel/usu

Mungkin Anda Menyukai