Lestarikan Semangat Kepahlawanan, Pemprov Kalsel Peringati Wafat Pangeran Antasari

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) memperingati wafatnya pahlawan nasional Pangeran Antasari Tahun 2021 dengan melaksanakan upacara ziarah makam pahlawan, di Banjarmasin, Senin (11/10/2021).

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, mengatakan peringatan wafatnya Pangeran Antasari merupakan upaya untuk menyegarkan kembali ingatan terhadap sifat-sifat patriotisme, gotong-royong, dan nasionalisme.

“Wawasan tersebut senantiasa dipupuk dalam upaya melestarikan semangat kepahlawanan guna menghidupkan dan mengembangkan kesadaran nasional, khususnya bagi generasi penerus,” ucap Sahbirin.

Selain itu, peringatan wafatnya Pangeran Antasari juga bagian dari menanamkan kesadaran masyarakat terhadap nilai-nilai sejarah bangsa, serta meningkatkan persatuan dan kesatuan masyarakat.

“Tetap terpeliharanya semangat perjuangan bangsa dalam mengisi kemerdekaan terutama dikalangan generasi muda sebagai pejuang cita-cita bangsa yang sangat penting bagi pembangunan,” ucap Sahbirin.

Pangeran Antasari adalah pahlawan yang berasal dari Kalsel dan berjuang melawan Belanda di abad ke-19, dikenal sebagai ahli strategi perang gerilya yang mampu memimpin dan menggerakkan pengikut untuk mencapai tujuan bersama. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai