Dinkes Kalsel Kantongi Pemenang Tenaga Kesehatan Teladan Tingkat Provinsi

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes Kalsel, Akhmad Yani saat melakukan penilaian lapangan pemilihan tenaga Kesehatan Teladan Puskesmas Tingkat Provinsi Tahun 2021. MC Kalsel/tgh

Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Dinas Kesehatan Kalsel telah mendapatkan pemenang pemilihan tenaga kesehatan teladan puskesmas tingkat Provinsi Tahun 2021.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes Kalsel, Akhmad Yani di ruang kerjanya, Banjarmasin, Selasa (28/9/2021).

Akhmad Yani mengatakan, pemilihan Nakes Teladan tingkat Provinsi Kalsel telah dilakukan sejak bulan Juli 2021 dan sekarang telah didapatkan 9 orang yang terpilih.

“Jadi proses sudah kita mulai dari bulan Juli. Sudah ada pemenangnya ada 9 kategori mulai Dokter Umum, Dokter Gigi, Keperawatan, Kebidanan, Kesehatan Masyarakat, Kesehatan Lingkungan, Pelaksana Gizi, Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM), dan Kefarmasian,” kata dia.

Menurutnya, kegiatan pemilihan nakes teladan Tingkat Provinsi tahun 2021 diikuti enam Kabupaten/Kota se-Kalsel yaitu Kabupaten Banjar, HSS, HSU, Tanah Laut, Banjarmasin, Tabalong. Sedangkan Kabupaten lain tidak bisa mengikuti karena anggaran dialihkan ke penanganan COVID-19.

“Jadi pada tahun ini pemilihan Nakes Teladan Tahun 2021 hanya ada 6 Kabupaten/Kota dengan jumlah peserta setiap daerah 4 tenaga kesehatan. Itupun peserta yang mengikuti perwakilan pemenang seleksi di tingkat Kabupaten/Kota. Jadi yang dikirim peserta terbaik perwakilan puskesmas,” ujarnya.

Selain itu, terkait soal mekanisme penilaian pemilihan Nakes Teladan tingkat Provinsi tahun ini agak berbeda karena di masa pandemi COVID-19. Dimana penilaian dilakukan melalui aplikasi Zoom dengan peserta memaparkan inovasi mereka masing-masing.

Setelah melalui zoom, Tim dari Dinkes melakukan verifikasi dan dilanjutkan turun ke lapangan melakukan penilaian.

Selain itu, dari 9 Kategori pemenang nakes teladan nanti akan di ambil 5 Kategori yang akan mewakili Kalsel ke tingkat Nasional pada bulan November mendatang.

“Nantinya ada 5 kategori perwakilan Kalsel yang akan mengikuti pemilihan nakes teladan tingkat nasional,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai