Apresiasi Kinerja, Dinkes Kalsel Gelar Pemilihan Tenaga Kesehatan Teladan Rumah Sakit

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes Kalsel, Akhmad Yani di ruang kerjanya, Banjarmasin, Selasa (28/9/2021). MC Kalsel/tgh

Sebagai wujud penghargaan atas dedikasi tenaga kesehatan di Rumah Sakit Daerah, maka dilaksanakan pemilihan Tenaga Kesehatan Teladan di Rumah Sakit (RS) se-Kalsel.

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes Kalsel, Akhmad Yani mengatakan kegiatan pemilihan tenaga kesehatan teladan tingkat RS ini baru pertama kali pada tahun 2021 yang sifatnya pengabdian dalam penanganan COVID-19.

“Sehingga Pemerintah Pusat memberikan arahan ke daerah untuk mengadakan kegiatan ini dalam rangka memberikan penghargaan,” kata Yani, Selasa (28/9/2021).

Menurutnya, peserta yang mengikuti pemilihan Tenaga Kesehatan Teladan di RS ada 16, baik di Provinsi dan Kabupaten/Kota. Peserta khusus dari RS Pemerintah dan setiap RS hanya bisa mengirimkan 3 orang perwakilan.

“Jadi kegiatan ini diikuti 16 RS Provinsi dan Kabupaten/Kota yang ada di Kalsel. Diharapkan dengan kegiatan ini dapat memotivasi kinerja para tenaga kesehatan,” ujarnya.

Selain itu, terkait sistem penilaian sendiri formatnya mengacu dari Kementerian Kesehatan meliputi usia masa kerja, inovasi dalam bentuk cerita, kontribusi terhadap penanganan COVID-19, mengirim cerita dan video serta penilaian melalui Zoom.

“Jadi penilaian formatnya mengikuti Kemenkes. Namun kami juga membuatkan skala bobot penilaian karena di kementerian belum ada,” ungkapnya.

Untuk diketahui nantinya pemenang pemilihan tenaga kesehatan teladan Rumah Sakit tingkat provinsi akan dikirim ke tingkat nasional terdiri atas 3 orang tenaga kesehatan meliputi dokter spesialis radiografer, fisioterapi apoteker, surfeler tenaga promosi kesehatan termasuk relawan tenaga kesehatan.

Sedangkan tenaga Non Kesehatan meliputi sopir ambulan, tenaga logistik vaksin dan relawan non kesehatan. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai