Atasi Tambang Ilegal, Dishut Kalsel Lakukan Pengawasan Ketat

Kepala Seksi Pengamanan Hutan Dishut Kalsel, Haris Setiawan, memberikan keterangan terkait penindakan tambang ilegal, di Banjarbaru, Jumat (29/9/2021). MC Kalsel/Ar

Dinas Kehutanan (Dishut) Kalimantan Selatan (Kalsel) terus berupaya mengatasi penambangan ilegal yang terjadi di areal kawasan hutan.

Kepala Seksi Pengamanan Hutan Dishut Kalsel, Haris Setiawan mengatakan, pihaknya bersama Polisi Kehutanan (Polhut) rutin melakukan patroli. Bahkan di tahun ini, Haris menyebutkan Polda Kalsel juga sering melakukan penertiban.

“Jadi, tugas kami mengumpulkan semua data termasuk meminta surat pernyataan dari bersangkutan untuk tidak melakukan aktivitas penambangan tanpa izin lagi,” kata Haris, di Banjarbaru, Jumat (24/9/2021).

Tidak seperti tahun 2018, di tahun ini Haris menyebutkan aktivitas penambangan tanpa izin sudah berkurang, karena pengawasan terus dilakukan di setiap Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH).

“Alhamdulillah, di tahun ini menurun terjadinya penambangan tanpa izin karena didukung cuaca hujan sehingga sulit beroperasi,” ujar Haris.

Ke depan, Haris mengatakan pihaknya akan terus melakukan pengawasan ketat guna mengamankan kawasan hutan dari aktivitas penambangan tanpa izin.

“Kami berencana akan menambah personel Polhut dan sarana prasarana disetiap KPH agar lebih giat lagi mengamankan hutan, sehingga dapat lebih cepat mengatasi kegiatan penambangan tanpa izin” tukas Haris. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih