Kembangkan Lima Layanan, BPSMB Kalsel Siap menjadi BLUD

Kepala BPSMB Kalsel, Tanwiriah. MC Kalsel/scw/dok

Balai Pengujian Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) Kalimantan Selatan (Kalsel) tengah menjalani proses untuk menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

“Kami telah melengkapi administrasi persyaratan menjadi BLUD dengan dilanjutkan melengkapi berkas Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanan. Berkas SOP kami buat sesuai rencana bisnis yang ingin dikembangkan ketika menjadi BLUD,” kata Kepala BPSMB Kalsel, Tanwiriah, Banjarbaru, Senin (23/8/2021).

Tanwiriah pun berharap bisnis yang akan dikembangkan mampu mengoptimalkan pelayanan BPSMB Kalsel.

“Ada lima pelayanan dan semua itu sudah kami lengkapi untuk SOPnya bersama dengan SOP pendukung pelayanan,” ujar Tanwiriah.

Pelayanan yang dikembangkan, yaitu kalibrasi dengan memperluas ukuran, kemudian menambah jenis pengujian seperti uji arang dan pupuk.

“LSPro kami kembangkan juga, kebetulan juga mempunyai audit internal disini, kemudian pendidikan dan pelatihan juga ingin kami kembangkan karena BPSMB ini sering melakukan uji banding dengan BPSMB Provinsi lain,” jelas Tanwiriah.

Setelah berhasil menjadi BLUD dengan menghadirkan berbagai layanan, Tanwiriah berharap dapat menarik perusahaan ataupun instansi untuk melakukan pengujian, yang tentunya akan berdampak terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD)

“Dengan pengembangan lima bisnis ini diharapkan nantinya akan meningkatkan masukan untuk pendapatan PAD,” pungkas Tanwiriah. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai