Lanal Banjarmasin Vaksinasi Delapan Ribu Lebih Masyarakat Maritim di Kalsel

Vaksinasi kedua yang dilaksanakan Mako Lanal Banjarmasin, Kamis (12/8/2021). Lanal Banjarmasin/dok

Menggunakan vaksin Sinovac, Balai Pengobatan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin bersama Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Banjarmasin melakukan vaksinasi kedua terhadap 445 peserta.

Hingga saat ini, total Lanal Banjarmasin telah memvaksinasi 8.757 masyarakat maritim wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel).

Vaksinasi kedua merupakan lanjutan dari vaksinasi pertama pada 14 Juli lalu, yang diperuntukan bagi Prajurit Lanal Banjarmasin, ASN, usia remaja dan masyarakat maritim wilayah Kalsel.

Di sela vaksinasi, Ketua Cabang IV Korcab XIII Daerah Jalasenastri Armada ll, Nyonya Farrah Herbiyantoko beserta Pengurus Jalasenastri Lanal Banjarmasin memberikan bingkisan kepada para tim vaksinator dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Jalasenastri.

Usai meninjau vaksinasi kedua, Komandan Lanal Banjarmasin, Kolonel Laut (P) Herbiyantoko M.Tr. Hanla berkomitmen untuk menggencarkan program vaksinasi dalam rangka menekan penyebaran COVID-19.

“Hal ini sejalan dengan perintah Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono yang menginginkan agar jajaran TNI AL totalitas dalam membantu mencegah dan menanggulangi pandemi COVID-19 dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang dimiliki,” kata Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, di Banjarmasin, Selasa (12/8/2021).

Disebutkan Herbiyantoko, vaksinasi mendorong terciptanya herd immunity sebagai bentuk perlindungan dari COVID-19.

“Maka dari itu, dianjurkan bagi warga yang belum bervaksin agar segera mengunjungi tempat yang sudah ditentukan supaya diri kita dan keluarga aman dan tetap sehat,” ujar Herbiyantoko.

Sementara itu, Pjs. Kepala Balai Pengobatan Lanal Banjarmasin, Mayor Laut Mutia Indrasakti mengatakan kegiatan kegiatan tersebut merupakan dukungan bagi program pemerintah dalam menangani COVID-19.

“Maka dari itu, untuk pencegahannya agar dilaksanakan dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat dengan 3T yaitu Testing, Tracing dan Treatment,” tambah Mayor Laut Mutia Indrasakti.

Mutia pun mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mengikiti vaksinasi di Puskesmas atau Fasilitas Kesehatan (Faskes).

“Sehingga pandemi COVID-19 bisa segera berakhir dan kita dapat beraktivitas dengan normal kembali,” kata Mayor Laut Mutia Indrasakti. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai