Dispersip Kalsel Apresiasi Upaya UPP Mentewe Tingkatkan Minat Baca

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan mengapresiasi Unit Pelayanan Perpustakaan (UPP) Tanah Bumbu yang memiliki peran strategis dalam meningkatkan minat baca dan Indeks Pembangunan Literasi (IPL) di Kalsel.

Hal itu disampaikan Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani, saat mengunjungi Unit Pelayanan Perpustakaan (UPP) Mentewe, Kabupaten Tanah Bumbu belum lama ini.

“Sarpras UPP Mentewe ini sendiri merupakan bantuan hibah dari Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Dispersip Provinsi Kalsel Tahun 2012 lalu. Yang mana UPP ini merupakan perpanjangan tangan dari perpustakaan induk yang ada di kabupaten,” kata Nurliani, Senin (2/8/2021).

Agar bisa maksimal dalam meningkatkan minat baca dan IPL di Tanah Bumbu, Nurliani menyarankan agar pemerintah daerah setempat bisa membentuk sejumlah UPP per kecamatan atau wilayah.

“Karena wilayah Kabupaten Tanbu sangat luas, saya menyarankan perlu dibentuk beberapa UPP per kecamatan atau per wilayah untuk maksimalisasi pelayanan perpustakaan kepada pemustaka yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan indek literasi di Kabupaten Tanbu ini,” ujar Nurliani.

Lebih jauh Nurliani menyampaikan, untuk melengkapi koleksi bahan pustaka, pada awal tahun 2021 lalu UPP Mentewe mengajukan proposal permintaan koleksi bahan pustaka kepada Dispersip Tanah Bumbu, namun belum bisa terealisasi karena Dispersip Tanbu juga mengalami kekurangan koleksi.

“Awal tahun mereka ada memasukkan proposal permintaan koleksi bahan pustaka ke Dispersip Kabupaten Tanbu, namun karena keterbatasan, diteruskan ke Dispersip Kalsel,” kata Nurliani.

Rencananya, Dispersip Kalsel akan berkonsultasi dengan Bidang Aset Pemerintah Provinsi Kalsel, hingga minta arahan dan petunjuk pihak terkait, guna menindaklanjuti permohonan tambahan koleksi bahan pustaka di Objek Wisata Gua Liangbangkai tersebut.

“Ya nanti kita coba konsultasi dengan Bidang Aset Pemerintah Provinsi Kalsel dan pihak terkait lainnya, agar permohonan permintaan koleksi bahan pustaka dari UPP Mentewe ini bisa kita tindaklanjuti,” tukas Nurliani. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai