Lanal Banjarmasin Disiplinkan Prokes di Pelabuhan Trisakti

Tim gabungan terpadu Posko PPKM Level IV melakukan pengecekan terhadap para penumpang kapal di terminal Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Jumat (30/7/2021). Lanal Banjarmasin/dok

Guna mendukung penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin melakukan pendisiplinan protokol kesehatan (prokes) terhadap para penumpang kapal di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

“Pendisiplinan prokes melalui pemeriksaan dan pengecekan rutin terhadap setiap roda dua maupun roda empat serta para penumpang yang menggunakan jasa penyeberangan kapal diantaranya harus membawa surat keterangan sudah disuntik vaksinasi, hasil swab PCR atau rapid tes antigen resmi dari instansi kesehatan yang ditunjuk oleh Dinas Kesehatan,” kata Komandan Lanal Banjarmasin, Kolonel Laut (P) Herbiyantoko M. Tr. Hanla, Banjarmasin, Jumat (30/7/2021).

Dijelaskan Herbiyantoko, ada tujuh prajurit Lanal Banjarmasin yang terlibat langsung sebagai Tim Terpadu Posko PPKM Level IV.

Tim Terpadu merupakan personel gabungan dari TNI Angkatan Laut, Angkatan Darat, Polri, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Pelindo III Banjarmasin dan Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) yang bertugas untuk melaksanakan pengamanan, penyekatan, pengawasan dan pengendalian terhadap perjalanan orang dalam negeri maupun luar negeri yang menggunakan sarana transportasi laut.

“Maka dari itu, kepada prajurit Lanal yang bertugas di lapangan, agar dalam pendisiplinan prokes tetap menjalankan sesuai prosedur yang ditentukan dan bersikap humanis,” ujar Herbiyantoko.

Untuk pengguna transportasi laut, dilakukan pembatasan kapasitas para pengunjung di area pelabuhan.

“Sehingga, diperlukan kesadaran masyarakat dalam menerapkan prokes agar pandemi COVID-19 cepat berakhir dan bisa kembali pada tatanan kehidupan yang normal,” tukas Herbiyantoko. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai