Disbunnak Kalsel Tingkatkan Sarpras PSR di Tanbu dan Kotabaru

Kepala Disbunnak Kalsel, Suparmi. MC Kalsel/scw/dok

Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kalimantan Selatan mengalokasikan dana untuk peningkatan sarana prasarana (sarpras) Perkebunan Sawit Rakyat (PSR) di Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru meliputi perbaikan akses jalan kebun dan penyediaan pupuk bagi petani sawit.

“Dengan adanya ini diharapkan ke depan sarana prasarana perkebunan kelapa sawit yang didanai dari BPDPKS tidak hanya dari dua kegiatan ini tapi bisa mendanai kegiatan-kegiatan di sektor pekebunan,” ujar Kepala Disbunnak Kalsel, Suparmi, Banjarbaru, Rabu (14/7/2021).

Perbaikan sarpras, lanjut Suparmi, akan berdampak pada kesejahteraan petani, selain tentunya mendukung perekonomian daerah.

“Dengan adanya akses jalan yang bagus dan bantuan pupuk otomatis akan bisa mengurangi biaya-biaya yang biasanya dikeluarkan oleh petani, oleh kelompok,” kata Suparmi.

Selain perbaikan sarana prasarana, Suparmi menyebutkan program strategis nasional untuk meningkatkan perekonomian di bidang PSR di antaranya terdiri dari peremajaan sawit rakyat dan peningkatan SDM.

“Jadi, untuk sarpras prioritas daerah untuk yang diemban oleh Disbunnak Kalsel salah satunya adalah percepatan swasembada sapi, yaitu dengan melakukan integrasi sawit-sapi,” kata Suparmi. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai