Sertifikasi BRP Tingkatkan Keamanan di Udara

Beberapa hari lalu, Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar pelatihan dan sertifikasi Basic Remote Pilot untuk meningkatkan keamanan bagi semua pihak.

“Pelatihan sertifikasi drone BRP di Lanud Sjamsudin Noor dimaksudkan agar para pilot drone, khususnya di wilayah Kalsel betul-betul memahami aturan, kreatif dan aman.” kata Komandan Pangkalan TNI AU Sjamsudin Noor, Kolonel Pnb Yulmaizir Chaniago, Banjarbaru, Selasa (29/6/2021)

Danlanud menjelasakan, Pangkalan TNI AU Sjamsudin Noor sebagai pemegang otoritas ruang udara dan FASI Kalsel sebagai wadah komunitas penggiat pencinta dirgantara perlu melaksanakan edukasi dan sosialisasi tentang aturan penggunaan ruang udara kepada masyarakat umum.

“Hal ini sebagai salah satu metode menjaga keamanan ruang udara dari berbagai pelanggaraan penggunaan drone yang tanpa pengawasan, dan berpotensi menimbulkan bahaya pada kegiatan penerbangan,” kata Kolonel Pnb Yulmaizir Chaniago.

Danlanud menilai, penggunaan drone ke depan akan semakin banyak, tidak terkecuali di Kalsel. Saat ini saja, drone sudah banyak digunakan di berbagai sektor, seperti pertanian, pertambangan, bahkan hobi aeromodelling.

“Pelatihan yang sangat baik  ini kiranya dapat dimanfaatkan sebaik mungkin, agar dapat menambah ilmu dan wawasan dalam penggunaan drone secara benar sesuai aturan yang ditetapkan serta mendapat sertifikasi sesuai ketentuan,” kata Kolonel Pnb Yulmaizir Chaniago. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai