Pentingnya Empat Faktor Dalam Peningkatan Pelayanan Baznas Kalsel

Ketua Badan Amil Zakat Nasional RI Noor Achmad saat diwawancarai awak media usai Rapat Koordiansi Daerah Baznas se Kalimantan Selatan Tahun 2021 dengan tema “Menjadi Lembaga Utama Menyejahterakan Umat” di Hotel Berbintang, Banjarmasin, Rabu (23/6/2021). MC Kalsel/tgh

Ketua Badan Amil Zakat Nasional RI Noor Achmad menekankan ada empat faktor utama dalam pengembangan Baznas sebagai lembaga zakat terpercaya.

Hal tersebut disampaikannya pada saat membuka kegiatan Rapar Koordiansi Daerah Baznas se Kalimantan Selatan Tahun 2021 dengan tema “Menjadi Lembaga Utama Menyejahterakan Umat” di Hotel Berbintang, Banjarmasin, Rabu (23/6/2021).

Noor Achmad mengatakan empat faktor tersebut meliputi, pertama harus melakukan penguatan kelembagaan. Kedua SDM yang berkompeten dan profesional di bidangnya. Ketiga penguatan sarana dan prasarana Baznas. Keempat penguatan jejaring sekaligus sinergitas dengan unsur di luar Baznas.

“Jadi empat faktor tersebut menjadi ujung tombak peningkatan pelayanan Baznas Provinsi Kalsel, khususnya untuk penerima zakat maupun pemberi zakat. Target utama kita pasti masyarakat miskin penerima zakat,” Kata dia.

Oleh karena itu, penguatan SDM dalam Baznas sangat diperlukan. Sehingga melahirkan kepercayaan masyarakat kepada Baznas. Karena tantangan ini semakin luar biasa, khususnya untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap Baznas.

Ia mengaskan SDM yang ada harus benar-benar terpercaya dan profesional. Harus paham syar’i, regulasi dan paham betul mengenai NKRI. “Jadi, kekuatan Baznas didapat melalui pengelolaan bersama oleh orang-orang profesional, tokoh masyarakat, dan tokoh agama,” ungkapnya.

Lanjut ia memaparkan setelah penguatan kelembagaan dan SDM, yang harus ditingkatkan juga adalah penguatan sarana prasarana dan penguatan jejaring sinergitas.

“Yang ketiga penguatan sarana dan prasarana. Karena kita sudah masuk ke dalam era digitalisasi, maka diharapkan semua Baznas yang ada di daerah maupun Kabupaten/Kota sudah masuk dalam era digitalisasi yang mana harus kuat dalam aspek tersebut,” tukasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih