Dinas TPH Kalsel Usulkan 50 Ribu Hektare Program Food Estate Tahun 2022 ke Kementerian Pertanian

Kepala Dinas TPH Kalsel, Syamsir Rahman, Banjarbaru, Senin (21/6/2021). MC Kalsel/usu

Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan akan mengusulkan program lumbung pangan nasional (Food Estate) tahun 2022 ke Kementerian Pertanian untuk tanaman padi dan jagung.

“Kali ini kita mengajukan sebanyak 25 ribu hektare tanaman Padi yang berada di Kabupaten Batola di 6 Kecamatan, serta tanaman jagung berada Kabupaten Tanah Laut di 4 Kecamatan,” ucap Kepala Dinas TPH Kalsel, Syamsir Rahman, Banjarbaru, Senin (21/6/2021).

Untuk sebelumnya, tim sudah turun kelapangan untuk memeriksa dan sudah diuji kelayakannya, tinggal berebut dengan provinsi lain terkait kuota yang didapat.

“Semuanya sudah oke, sisa jumlah kuota nya saja. Apakah Kalsel bisa mendapatkan dengan jumlah yang diajukan atau terbagi dengan Provinsi lain,” tegasnya.

Sedangkan pada tahun 2020 lalu dari Kementerian sudah meminta kepada Dinas TPH Kalsel untuk program ini, tetapi pihaknya masih melihat pola yang digunakan.

“Tetapi kalau lahan yang sudah existing diperbolehkan, tinggal meningkatkan indeks pertanaman dan produksi, seperti daerah Anjir dan Mandastana,” pungkasnya. MC Kalsel/usu

Mungkin Anda Menyukai