Dinas Ketapang Kalsel Akan Gelar Lomba Menu Makanan Cipta B2SA Tingkat Provinsi

Kepala Seksi Konsumsi dan Pengembangan Pangan Lokal, Riza Rosadi kepada Media Center, di Banjarbaru, Kamis (3/6/2021). MC Kalsel/tgh


Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel berencana akan mengadakan lomba Cipta Menu Makanan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Provinsi Kalsel. 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kalsel, Suparno melalui Kepala Seksi Konsumsi dan Pengembangan Pangan Lokal, Riza Rosadi mengatakan lomba ini digelar dalam rangka  mendukung pola pangan sehat dengan mengurangi konsumsi beras. Jadi Lomba B2SA nantinya akan diikuti para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) pangan lokal di 13 Kabupaten/Kota pada bulan September.

“Jadi kita kenalkan kepada masyarakat pola pangan sehat itu tidak melulu dengan nasi. Tapi bahan lain bisa dijadikan pangan sehat seperti ubi kayu,” ucap Riza, Kamis (3/6/2021).

Menurut Riza, komposisi nasi itu hanya sepertiga dan selebihnya sayur dan hidangan pelengkap lainnya. 

Untuk itu pihaknya akan mengadakan lomba  Cipta Menu B2SA tahun ini yaitu mengolah mie berbahan dasar ubi kayu yang sudah diolah menjadi tepung. Karena karbohidrat itu bisa diganti dengan tepung, supaya enak dibikin mie.

Mengingat masih dalam suasana pandemi COVID-19 kegiatan lomba cipta B2SA dilakukan di masing masing Kabupaten/Kota. 

“Kita yang akan keliling, dimana mereka melakukan pembuatan pengolahan disitu dan kita melakukan penilaian,” katanya.

Selain itu, dalam lomba ini juga akan mendapatkan hadiah dan pembinaan agar para peserta lebih semangat. Tidak hanya di tingkat provinsi, lomba cipta B2SA juga rutin dilaksanakan di tingkat Nasional bertepatan dengan Hari Pangan Sedunia (HPS).

“Kita tidak tahu, apakah HPS dilaksanakan secara ekspos seperti itu atau secara pola dengan mengikuti prokes,” tutup Riza. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai