UPTD Taman Budaya Akan Gelar Progam Pesona Budaya Banjar

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan, Suharyanti saat diwawancarai mengenai program pesona budaya banjar tahun 2021, Banjarmasin, Selasa (11/5/2021). MC Kalsel/usu.

Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Provinsi Kalsel melaksanakan program ragam pesona budaya banjar tahun 2021.

Ada 4 perlombaan dalam kegiatan ini yaitu lomba tari tingkat SD/Sederajat, lomba musik panting, lomba baca puisi bahasa banjar, dan lomba menganyam purun.

“Program ini memang agenda tahunan dari UPTD Taman Budaya, serta didukung dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jadi untuk biaya pendaftaran gratis,” ucap Kepala UPTDTaman Budaya Prov. Kalsel, Suharyanti, Banjarmasin, Selasa (11/5/2021).

Diantara empat lomba yang dilaksanakan UPTD Taman Budaya, tiga diantaranya dilaksanakan secara virtual yaitu mata lomba tari anak, musik panting dan baca puisi  bahasa banjar. Sedangkan lomba menganyam purun akan dilaksanakan di halaman UPTD Taman Budaya dengan Protokol Kesehatan yang ketat.

“Untuk periode upload video lomba yang secara virtual dimulai dari tanggal 3 Mei 2021 sampai 25 Juni 2021 dan pengumuman tanggal 30 Juni 2021,” tuturnya.

Para pemenang pada tiap mata lomba nanti akan mendapatkan piala, sertifikat/piagam serta uang tunai untuk juara I Rp10 juta, juara II Rp8 juta, juara III Rp6 juta, juara harapan I Rp5 juta, juara harapan II Rp4 juta dan juara favorit untuk lomba tari anak tingkat SD/sederajat Rp3 Juta.

Ia juga menjelaskan perbedaan kegiatan program tahun ini dengan tahun sebelumnya ada di jenis lomba.

“Kalau tahun 2020 kita mengadakan perlombaan cipta karya lagu banjar tapi kali ini kita ganti dengan perlombaan musik panting. Serta untuk lomba menganyam purun di tahun lalu membuat topi, sedangkan tahun ini kita membuat tas atau dompet,” ungkapnya.

Untuk juri lomba menganyam purun, UPTD Taman Budaya Prov. Kalsel akan bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UKM yang sudah berkompeten di bidangnya.

“Saat ini kita masih rapat untuk penentuan juri yang berkompeten pada bidangnya dengan mempunyai bukti sertifikat,” ujarnya.

Maka dari itu, Suharyanti mengajak seluruh masyarakat yang ada di Kalsel untuk ikut andil dalam Program Kegiatan Ragam Pesona Budaya Banjar Tahun 2021 agar meningkatoan kreatifitas anak Kalsel.

“Bagi ingin mendaftar pada perlombaan tadi bisa langsung lihat cara mendaftar di salah satu postingan instagram UPTD Taman Budaya Prov. Kalsel,” pungkasnya. MC Kalsel/usu. 

Mungkin Anda Menyukai