Gerakan Kampung Bermain Olahraga Bantu Edukasi Germas di Masyarakat

Kadispora Kalsel, Hermansyah pada saat menyampaikan materi pada kegiatan Koordinasi dan Advokasi Lintas sektor kebijakan Germas di berbagai tatanan Provinsi Kalsel di Hotel Berbintang Banjarmasin, Selasa (4/5/2021). MC Kalsel/ tgh

Dalam rangka mendukung Gerakan masyarakat hudup sehat (GERMAS), Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel telah membentuk Kampung Bermain Olahraga di beberapa daerah.

Hal ini disampaikan Kadispora Kalsel,  Hermansyah pada saat menyampaikan materi pada kegiatan Koordinasi dan Advokasi Lintas sektor kebijakan Germas di berbagai tatanan provinsi Kalsel di Hotel Berbintang Banjarmasin, Selasa (4/5/2021).

“Kami telah mengeluarkan edaran terkait aktifitas fisik dan telah membentuk kampung olahraga dalam membantu mengedukasi program Germas ke masyarakat,” kata Hermansyah.

Ia menjelaskan bahwa pembentukan kampung bermain olahraga sudah mulai jalan. Salah satunya kampung bermain di kota Banjarmasin terkait olahraga tradisional yang telah digaungkan oleh Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kota Banjarmasin.

“Gerakan FORMI membangun kampung bermain atau olahraga tradisional sangat baik bagi masyarakat daerah ini, terutama bagi anak muda agar selalu sehat. Ini peran Dispora dalam mendukung program Germas,” ungkapnya.

Oleh karena itu, olahraga rekreasi dilakukan sebagai bagian dari proses pemenuhan kesehatan kebugaran jasmani dan kegembiraan. 

“Pada tahun 2019 olahraga rekreasi ini sudah mulai masif digencarkan di Provinsi kalsel. Bahkan Kalsel berhasil meraih juara umum dalam kejuaraan Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (FORNAS),” tuturnya.

Sedangkan di tahun 2020 sejak pandemi COVID-19, semua aktivitas kegiatan keolahragaan sudah semakin menurun, dan kegiatan keolahragaan Kalsel hampir berhenti. 

“Tapi kegiatan lainnya tetap kita jalankan secara mandiri,” tukasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai