Sebanyak 110 Lansia PSTW Budi Sejahtera Jalani Vaksinasi COVID-19

Seorang petugas kesehatan menyuntikan vaksin COVID-19 kepada Lansia PSTW Budi Sejahtera, Banjarbaru, Kamis (29/4/2021). MC Kalsel/Rns

Sebanyak 110 lanjut usia (Lansia) Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Budi Sejahtera menjalani vaksinasi COVID-19, di Banjarbaru, Kamis (29/4/2021).

“Satu bulan yang lalu telah kita daftarkan ke Kemenkes sebanyak 180 klien Lansia PSTW. Pelaksanaan dibagi dua wilayah yaitu di Landasan Ulin Banjarbaru sebanyak 110, serta 70 di Martapura. Untuk hari ini hanya di Landasan Ulin, sedangkan di Martapura masih menunggu,” ujar Dokter Panti, dr Aditya Annin Primasari.

Namun demikian, dr Aditya Annin menjelaskan dari 110 Lansia yang didaftarkan, kemungkinan tidak semua bisa divaksinasi karena alasan kesehatan.

“Sebelumnya kan kita lakukan pengisian survei skrining, ada beberapa yang tidak memenuhi, jadi ditunda vaksinnya,” kata dr Aditya.

Kriteria yang ditunda di antaranya Lansia yang tidak mampu berjalan sepanjang 100-200 meter, tidak bisa menaiki tangga, dan mudah lelah.

“Tetapi apabila ada penyakit kronik masih di pending dan kita amati tetapi di pending sampai kapan masih belum tahu,” ujar dr Aditya.

Dengan terlaksananya vaksin bagi Lansia PSTW Budi Sejahtera, dr Aditya pun bersyukur karena bisa memberi sedikit harapan untuk bertemu keluarga, mengingat kurang lebih setahun terakhir akses sangat terbatas guna mencegah penularan COVID-19.

“Alhamdulillah dengan telah dilaksanakannya vaksinasi dapat memberi harapan para Lansia ini bisa mendapat kunjungan keluarga kembali, dapat pulang ke rumah, meskipun mereka disini tetapi dapat izin untuk pulang ke rumah karena selama ini tidak mendapatkan ijin hanya bisa bertemu di kantor dengan jaga jarak dan di dampingi petugas,” kata dr Aditya. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai