Penanaman Pohon Warnai Peringati Hari Air Sedunia ke-29 di Kalsel

Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA melakukan penanaman pohon di Embung Kampung Banjar Kawasan Perkantoran Pemprov Kalsel, Banjarbaru, Senin (22/3/2021). MC Kalsel/tgh

Dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia ke-29, Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan III mengadakan penanaman pohon di Embung Kampung Banjar Kawasan Perkantoran Pemprov Kalsel, Banjarbaru. 

Kegiatan diawali dengan penanaman pohon dan menabur bibit ikan di Embung Kampung Banjar oleh Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA bersama Kepala BWS Kakimantan III, Fikri Abdurrachman, Kepala Dinas DLH, Hanifah Dwi Nirwana dan jajaran SKPD Lainnya.

Pada kesempatannya, Safrizal ZA mengatakan momentum peringatan hari air sedunia pada hari ini, Provinsi Kalsel melakukan penanaman pohon sebanyak 800 dan menabur bibit ikan nila.

“Jadi hari ini dilakukan penanaman pohon dan penaburan bibit ikan nila. Hal ini sebagai upaya untuk melestarikan lingkungan dan meantisipasi kedepan dalam pencegahan bencana banjir,” Kata Safrizal, Senin (22/3/2021).

Apalagi beberapa bulan yang lalu, Kalsel mengalami musibah banjir yang cukup parah pada awal tahun 2021 lalu. 

“Jadi penanaman pohon ini sangat bagus sekali dilakukan. Karena kita tahu, pohon mampu menyerap air yang baik,” ungkapnya.

Untuk itu, Ia mewajibkan kepada jajaran pegawai SKPD di Lingkup Provinsi Kalsel minimal melakukan penanaman 1 pohon perorangan. Maka dengan cara menanam sebanyak banyaknya pohon di hulu dan hilir di Kalsel akan mempercepat perbaikan lingkungan.

“Jadi diharapkan seluruh SKPD maupun perusahaan melakukan penanaman pohon disekitarnya,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BWS Kalimantan III, Fikri Abdurrachman menambahkan tujuan penanaman pohon dikawasan Embung Kabupaten Banjar untuk membuat Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang didominasi tumbuhan dan berfungsi sebagai area konservasi untuk tempat interaksi sosial budaya, kegiatan ekonomi dan wisata.

“Hari ini kita lakukan penanaman 800 bibit pohon mangga, durian, sawo, jambu dan lainnya. Ini bibit pohon yang menghasilkan buah, sehingga 2-5 tahun kedepan bisa panen,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai