UPT Labkes Kalsel Miliki Dua Layanan Unggulan

Kepala UPT Labkes Kalsel, Susi Hermina saat memberikan keterangan kepada Jurnalis Media Center di Kantor setempat, Banjarmasin, Jumat (19/3/2021). MC Kalsel/tgh

UPT Laboratorium Kesehatan (Labkes) Provinsi Kalimantan Selatan memiliki dua layanan unggulan yaitu layanan Laboratorium Lingkungan dan Laboratorium Medik.

Hal ini disampaikan Kepala UPT Labkes Kalsel, Susi Hermina saat memberikan keterangan kepada Jurnalis Media Center di kantor setempat, Banjarmasin, Jumat (19/3/2021).

Susi Hermina mengatakan pelayanan di Labkes Kalsel merupakan pelayanan langsung ke masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan laboratorium medik maupun laboratorium lingkungan.

“Kami membuka pelayanan penerimaan sampel dari hari Senin s.d Sabtu dimulai pukul 07.15 sampai pukul 11.30 WITA untuk medik dan pengambilan sampel jam 14.00 WITA. Sedangkan untuk Laboratorium Lingkungan pelayanan 24 jam,” kata Susi.

Menurutnya, layanan laboratorium medik di Labkes Kalsel meliputi pelayanan pemeriksaan kolesterol, gula darah, urin, SGOT, SGPT, Calsium dan lainnya ini masuk di parameter kimia klinik. 

Sedangkan layanan laboratorium lingkungan meliputi pengawasan kualitas air, pengamanan penggunaan zat berbahaya dalam makanan dan minuman. 

“Jadi di Labkes Kalsel memiliki lima subbidang pelayanan yaitu kimia klinik, Hematologi, Imunologi-Serologi, Parasitologi dan Bakteorologi,” ungkapnya.

Apalagi dimasa pandemi COVID-19, antusias masyarakat sangat tinggi dalam melakukan pemeriksaan sampel lingkungan maupun medik ke Labkes Kalsel. 

“Dulu pasien kita, 5 sampai 10 yang ke labkes. Setelah kita melakukan inovasi dan promosi di sosial media, terlihat setiap harinya minimal 30 paling sedikit pasien yang datang itu khusus medik. Sedangkan untuk lingkungan banyak sekali yang datang ke tempat kita. Jadi kadang teman-teman malah overload baik itu untuk pemeriksaan sampel udara, air dan makanan,” ungkapnya.

Lanjut ia menerangkan, selain melakukan pelayanan medik dan lingkungan, pihak Labkes Kalsel turut membantu dalam penanganan COVID-19 seperti pengambilan sampel swab, baik itu untuk antigen dan PCR. Kalau antigen langsung dilakukan disini karena sifatnya tes, kalo PCR akan kirim ke RS Ansari Saleh. 

“Mudahan-mudahan nanti kita juga dapat menguji sendiri. Karena labkes kita alatnya sudah ada dan lengkap, tenaga kita juga sudah ada,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai