Dispora Kalsel Lakukan Monitoring Seleksi Paskibra Tahun 2021

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalsel, Hermansyah melakukan monitoring seleksi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) tahun 2021 khusus di Kota Banjarbaru, Selasa (16/3/2021). MC Kalsel/tgh

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalsel, Hermansyah melakukan monitoring seleksi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) tahun 2021 khusus di Kota Banjarbaru.

“Kami lakukan monitoring guna memantau apakah surat edaran mengenai seleksi paskibraka ditingkat Kabupaten/Kota sudah dimulai,” kata Hermansyah di Gor Rudy Resnawan, Banjarbaru, Selasa (16/3/2021).

Menurutnya berdasarkan surat edaran Kementerian Pemuda dan Olahraga Tahun 2021 mengenai kegiatan Paskibraka di istana negara, maka Provinsi dan Kabupaten/Kota diminta untuk melakukan seleksi Paskibraka.

“Untuk itu ada beberapa Kabupaten/Kota di Provinsi Kalsel yang telah melakukan seleksi Paskibraka yaitu Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Kotabaru, dan Kabupaten Hulu Sungai Utara,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Banjarbaru, Hidayaturahman menambahkan peserta seleksi Paskibraka tingkat Kota Banjarbaru diikuti 100 pelajar SMA sederajat dari 16 sekolah.

“Dari seluruh peserta seleksi tahap awal sebanyak 100 orang, nantinya dipilih 33 orang ditambah 6 yang akan mengikuti seleksi tingkat Provinsi. Mereka ini yang nantinya akan bertugas dalam pengibaran Bendera Merah Putih,” ungkapnya

Menurutnya, dalam seleksi awal Paskibraka, seluruh peserta menghadapi tahapan seleksi yang sangat ketat, diantaranya harus memenuhi syarat tinggi, berat badan dan postur tubuh. Tidak kalah pentingnya adalah harus menguasai gerakan Peraturan Baris Berbaris (PBB). Dan terakhir, dilakukan psikotes dan tes wawancara. 

“Jadi selama pelaksanaan seleksi, para calon anggota Paskibraka 2021 ini dipandu oleh TNI dan Polri serta panitia dari purna Paskibraka yang membantu terlaksananya seleksi ini,” tuturnya.

Ia berharap dengan adanya seleksi Paskibraka ini dapat menghasilkan pasukan yang solid,  berdisplin tinggi, memiliki jiwa patriotisme dan nasionalisme terhadap pengibaran Bendera sang merah putih. 

“Mudah-mudahan seleksi Paskibraka dapat berjalan dengan lancar dan tentunya dalam pelaksanaan tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai