Pemprov Kalsel Bersiap Kembangkan KEK di Empat Kabupaten

Kepala Disperin Kalsel, Mahyuni, memberikan keterangan terkait pengembangan kawasan industri, di Banjarbaru, Selasa (9/3/2021). MC Kalsel/Ar

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) melalui Dinas Perindustrian (Disperin) akan memprioritaskan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di empat kabupaten/kota, yaitu Kotabaru, kawasan industri Mantuil di Banjarmasin, kawasan industri Saradang di Tabalong serta kawasan industri Candi Laras Utara dan Selatan di Tapin.

“Dari empat kawasan industri itu, sudah dilakukan kajian agar bisa menjadi fasilitas berkembangnya investasi industri pengolahan,” kata Kepala Disperin Kalsel, Mahyuni, Banjarbaru, Selasa (9/3/2021).

Dikatakan Mahyuni, pengembangan kawasan industri bisa mendatangkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang cukup besar.

“Apabila suatu industri itu bisa berkembang dengan baik, maka harus tersedianya pelabuhan ekspor dan impor,” ucap Mahyuni.

Mahyuni pun menekankan kerja sama dengan berbagai instansi sangat diperlukan, guna mencapai target yang telah direncanakan. Dia pun berharap pengembangan kawasan industri bisa memacu perekonomian di daerah, terutama dalam pemulihan akibat pandemi COVID-19.

“Sehingga kawasan industri bisa lebih maju dan berkembang lagi kedepannya,” ungkap Mahyuni. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai