DKP Kalsel Nilai Hasil Tangkapan Ikan Januari Lalu Cukup Baik

Kepala DKP Kalsel, Rusdi Hartono, memberikan keterangan terkait hasil tangkapan ikan saat cuaca ekstrem, di Banjarbaru, Selasa (16/2/2021). MC Kalsel/Rns

Meskipun sempat dilanda banjir, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kalimantan Selatan menilai hasil tangkapan nelayan pada bulan Januari lalu cukup baik.

“Untuk harga ikan sendiri cukup stabil dimana ikan peda Rp25 ribu perkilo, ikan lajang Rp22 ribu perkilo, dan ikan tongkol Rp25 ribu perkilo,” kata Kepala DKP Kalsel, Rusdi Hartono, di Banjarbaru, Selasa (16/2/2021).

Saat ini, lanjut Rusdi, di pelabuhan perikanan Banjar Raya bersandar dua kapal dengan kapasitas 10 hingga 15 ton.

“Tersisa 4 ton karena telah dijual malam tadi. Stok kita juga stabil. Kita juga mempunyai kulsurit dengan kapasitas 100 ton, ada 2 unit total 200 ton. Kontainer kompresor juga berisi 15 ton dan ada 4 unit yang dipunyai pelaku usaha di Banjar Raya,” ucap Rusdi.

Namun demikian, Rusdi tidak memungkiri cuaca cukup ekstrem berdampak pada berkurangnya jumlah kapal yang masuk, yang berarti mengurangi pasokan ikan.

“Memang berkurang 30 persen, musim ini juga agak bergeser biasanya ini masih musim ikan, tetapi nelayan kurang begitu banyak memang memasukan ikan di pelabuhan perikanan ini,” kata Rusdi. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai