Dispora Kalsel Persiapkan Atlet NPC Ikut Papernas XVI di Papua

Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Kalsel, M. Nasir saat ditemui di Ruang kerjanya, Banjarmasin, Senin (16/2/2021). MC Kalsel/tgh

Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalsel melakukan persiapan dalam rangka Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI 2021 yang akan diselenggarakan di Papua pada bulan November mendatang. 

Persiapan dan latihan telah dilakukan oleh atlet National Paraympic Committee (NPC) yang akan mengikuti ajang tersebut di tempat latihan Banjarbaru dan Banjarmasin. 

Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Kalsel, M. Nasir mengatakan jumlah atlet yang akan dikirim sebanyak 126 orang dengan jumlah official sebanyak 63 orang dan jumlah kontingen menggunakan kursi roda sebanyak 25 orang.

Adapun cabang olahraga yang diikuti angkat berat, atletik, bulu tangkis, catur, judo tuna netra, menembak, panahan, renang, sepakbola CP, dan tenis meja. Sedangkan dua cabor yang tidak diikuti yaitu cabang Boccia dan tenis lapangan kursi roda.

“Jadi kita kirimkan 126 orang atlet yang akan berlaga di 10 cabang olahraga dari 12 cabang yang diperlombakan pada Peparnas XVI awal November 2021 nanti,” kata Nasir, Selasa (16/2/2021).

Menurutnya, persiapan para atlet terus berjalan dari tahun kemarin. “Karena rencananya tahun kemarin. Berhubung terjadi COVID-19 maka diundur waktu pelaksanaannya. Jadi persiapannya lebih panjang untuk menghadapi event tersebut,” ungkapnya.

Berdasarkan informasi dari NPC, hasil rapat di Solo beberapa waktu lalu bahwa atlet-atlet yang berlatih di pelatnas tidak diperkenankan ikut Peparnas karena mereka dipersiapkan untuk Asian Paragames nanti. 

β€œIni bedasarkan kebijakan secara nasional. Tentu saja kita akan mengirimkan atlet-atlet diluar pelatnas. Tetapi optimisme kawan-kawan NPC memang cukup beralasan karena kebijakan itu berlaku untuk semua Provinsi,” paparnya.

Selain itu, target dalam ajang ini, NPC menyampaikan kepada Dispora targetnya tidak keluar dari 10 besar karena dalam suasana pandemi yang membuat adanya keterbatasan latihan.

“Kalau kemarin di tahun 2016 ada di 6 besar, mereka menargetkan tidak jauh dari itu,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai