Atasi Krisis Air Bersih, Pemprov Kalsel Bekerjasama Dengan Poltekkes Buat Alat Pengolahan Air

Rapat sosialisasi terkait pembuatan alat pengolahan air bersih yang dihadiri Tim Poltekkes Banjarmasin, Dinas Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Kalsel, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalsel, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalsel serta SKPD terkait lainnya yang bertempat di aula Balitbangda, Banjarbaru, Rabu (3/2/201). MC Kalsel/usu

Pemprov Kalsel bekerja sama dengan Poltekkes Banjarmasin akan membuat alat pengolahan air bersih untuk masyarakat terdampak banjir.

“Alat ini nantinya akan di distribusikan ke 11 Kabupaten/Kota yang terdampak banjir atau daerah yang sulit mendapatkan air bersih,” ucap Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda), Muhammad Amin, Banjabaru, Rabu (3/2/2021).

Ia menambahkan, memang ada bantuan dari dinas maupun relawan untuk membagikan air bersih dan sembako terhadap masyarakat, tetapi sangat cepat habis dikarenakan korban banjir yang banyak.

“Maka dari itu, Pemprov Kalsel menginginkan adanya penyediaan air bersih yang permanen dengan menggunakan alat ini,” tambahnya

Pihaknya juga akan mengadakan sosialisasi untuk cara pemanfaatan pengelola air bersih kepada masyarakat dari tim terkait.

Selain itu, Ketua koordinator tim relawan Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Banjarmasin, Dr. Juanda menuturkan, bahwa untuk alat ini sendiri bisa diduplikasi oleh masyarakat menggunakan stainless, plastik atau tandon.

“Alat ini bisa di atas permukaan tanah supaya masyarakat mudah menggunakan nantinya,” tuturnya.

Sedangkan dari Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalsel, Sahrudin menyambut baik adanya pembuatan alat pengelolaan air bersih terkait pasca banjir di 11 Kabupaten/Kota.

“Nanti kami akan berkoordinasi untuk titik yang akan di serahkan alat pengelola air bersih tersebut,” katanya.

Ia berharap semoga dengan adanya alat ini masyakarat lebih bisa mendapatkan air bersih yang terjamin setelah pasca banjir ini. MC Kalsel/usu

Mungkin Anda Menyukai

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih