TNI Terus Berikan Bantuan Kepada Korban Banjir di Kalsel

Koordinasi penanganan banjir di Kalsel yang dipandu oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan, Gusti Yanuar Noor Rifai (kiri), Banjarbaru, Kamis (28/1/2021). MC Kalsel/Fuz

Bantuan untuk korban banjir di Desa Datar Ajab melalui jalur darat diperkirakan tembus pada hari ini, Jumat (29/1/2021).

“Informasi bantuan mengarah Datar Ajab, jika cuaca tidak terguyur hujan maka sekitar 25 menit lagi sampai tujuan, kemungkinan sore ini atau besok akan tembus untuk jalan darat,” kata Komandan Korem 101 Antasari, Brigjen TNI Firmansyah pada Video Conference Virtual, Kamis (28/1/2021).

Firmansyah juga memberikan saran pada kesempatan koordinasi virtual ini yang dipandu oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan, Gusti Yanuar Noor Rifai.

“Pada saat pengecekan posko-posko atau dapur umum di Martapura Barat hingga Martapura Timur, yang paling mendesak yakni kebutuhan air bersih,” ucapnya.

Sementara untuk penyaluran bantuan dari TNI Angkatan Laut, yang dikirim melalui KRI Banda Aceh 593 dan diserahkan kepada BPBD Provinsi Kalimantan Selatan, selanjutnya akan diserahkan kepada BPBD kabupaten/Kota.

Menurut Pelaksana Tugas BPBD Kalsel, Mujiyat menjelaskan untuk bantuan logistik, akan dilakukan pemetaan permohonan dari daerah. Maka yang terpenting saat ini dilakukan inventaris bantuan, jumlah dan barang belum terinventarisasi secara detail.

“Kemudian, proses penurunan barang, setelah ketahuan keseluruhannya maka akan distribusikan sesuai dengan permintaan posko Kabupaten/Kota,” pungkasnya. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai