Majukan Sektor Perumahan Kalsel, DPD REI Kalsel Gelar Musda XI

Musyawarah Daerah XI RealEstat Indonesia (REI) Kalimantan Selatan dengan topik REI Sebagai Penggerak Pemulihan Ekonomi Banua resmi dibuka oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, di hotel berbintang, Banjarmasin

Dalam sambutannya secara virtual, Sahbirin Noor sangat meapresiasi atas kontribusi peranan dan dedikasi REI dalam membangun dan pengelolaan pengembangan perumahan dan permukiman. Dimana perkembangan kawasan perkotaan dan perumahan tidak lepas dari peran pemerintah daerah. 

“REI memiliki peran penting dalam penyerapan tenaga kerja dan mendorong tumbuhnya industri yang berkaitan dengan properti,” ucap Sahbirin, Rabu (20/1/2020).

Menurutnya keberadaan REI Kalsel secara nyata juga ikut membantu perkembangan ekonomi baru seperti toko, bangunan, pasar, UMKM dan jasa konstruksi.

“Gerakan sektor tersebut memberikan dampak langsung terhadap kesejahteraan rakyat. Perumahan maupun kawasan lainnya akan terus tumbuh dan berkembang seiring dengan masih banyaknya masyarakat yang akan membutuhkan perumahan,” tuturnya.

Maka dalam hal ini, Pemprov Kalsel telah mengembangkan Rencana Pembangunan dan Pengembangan Perumahan, Kawasan Permukiman (RP3KP). RP3KP merupakan jabaran dari kebijakan yang diamanatkan dalam pembangunan jangka panjang, menengah serta tata ruang daerah tahun 2020-2024.

“Pelaksanaan yang direncanakan secara terintegrasi, konferensi, multi sektor dan multi pembiayaan secara berjenjang mulai tingkat kewenangan Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, ini sesuai dengan misi pembangunan dalam rangka pengembangan kawasan perumahan,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPD REI Kalsel, Ahyat Sarbini menambahkan industri properti menjadi salah satu industri yang menjanjikan dan patut diperhitungkan. Selama ini Kalsel termasuk salah satu penyumbang terbesar untuk pembuatan perumahan yang bersubsidi dari dukungan Kementerian.

“Kedepan mudah-mudahan REI Kalsel dengan semangat dan dukungan semua pihak bisa terus menggerakkan perekonomian di Kalsel. Sesuai dengan tema yang ada yakni REI sebagai Penggerak Pemulihan Ekonomi Banua,” katanya.

Ia berharap, di tahun 2021 kebijakan pemerintah bisa mendukung perkembangan perumahan.

Untuk diketahui, kegiatan ini juga dirangkai penandatanganan kerja sama pembangunan masjid di kawasan kompleks perumahan antara DPD REI Kalsel dengan Dewan Masjid Kalsel. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai