Gebrakan Dispersip Kalsel di Tahun 2021

Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani, memberikan keterangan terkait program tahun 2021, Banjarmasin, Selasa (5/1/2021). MC Kalsel/Jml

Memasuki tahun 2021, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan membuat sebuah gebrakan baru untuk meningkatkan minat baca masyarakat di Banua.

Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie, mengatakan salah satu gebrakan tersebut yakni gelaran wisata literasi dan pengabdian masyarakat bersama Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari (Uniska MAB), TNI-POLRI, dan media massa.

Kegiatan itu, lanjut Nurliani, akan dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 28 hingga 30 Januari 2021, di Desa Belangian, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar.

“Dispersip Kalsel akan meminjamkan buku ke Desa Belangian. Ini program terbaru kami di 2021, yang kami namakan Layanan Terpadu Perpustakaan Desa,” kata Nurliani, Banjarmasin, Selasa (5/1/2021).

Nantinya, pihak UNISKA juga akan menyumbangkan beberapa buku bacaan bahkan mengajar anak-anak yang tinggal jauh dari perkotaan tersebut.

“Ngajar sambil bermain, supaya anak-anak ceria dan tidak bosan, karena sudah lama tidak masuk sekolah,” singkat Nurliani.

Berdasarkan informasi yang didapat, lokasi Desa Belangian jauh dari toko buku. Bahkan, sebagian kawasannya belum teraliri listrik, hingga sulitnya akses komunikasi serta internet.

“Rencananya, Dispersip Kalsel membawa buku dengan Motor Trail Pustaka, yang akan melewati Waduk Riam Kanan dengan transportasi air terlebih dahulu,” pungkas Nurliani. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai