Gerakan Pramuka Kwartir Nasional Gelar Webinar Kesetaraan Gender

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kalsel, Raudatul Jannah saat mengikuti Webinar Gerakan Pramuka Kwartir Nasional, Banjarmasin, Rabu (30/12/2020).

Gerakan Pramuka Kwartir Nasional melalui Komisi Pengabdian Masyarakat melaksanakan Webinar dengan tema “Pengarusutamaan Kesetaraan Gender Dalam Penyelenggaraan Abdimas Gerakan Pramuka”.

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kalsel, Raudatul Jannah mengatakan terkait kebijakan Pemprov Kalsel dalam kesetaraan gender, hal tersebut telah dilakukan oleh Kwarda Gerakan Pramuka Kalsel.

“Menyikapi kebijakan dari Pemprov Kalsel, kami di Kwarda sudah melakukan upaya agar partisipasi lebih dari perempuan dalam memajukan kegiatan dan menyukseskan program Pemprov Kalsel,” ucap Raudatul Jannah, melalui virtual, Rabu (30/12/2020).

Ia menambahkan, saat melaksanakan kegiatan pramuka, tidak ada perbedaan antara lelaki ataupun perempuan.

“Dalam kegiatan tersebut, walaupun bersamaan antara lelaki dan perempuan. Tetapi perempuan tetap setara dalam berkegiatan dan tidak ada perbedaan,” tambahnya.

Menurutnya, ada beberapa kegiatan yang selalu melibatkan peranan perempuan.

“Salah satunya adalah Abdi Masyarakat (Abdimas),” tuturnya.

Tidak hanya itu, kegiatan edukasi terkait protokol kesehatan, pembagian sembako dan masker juga melibatkan peranan perempuan.

“Ada 5.000 sembako dan 1.000 masker yang dibagikan ke masyarakat yang terdampak Covid-19 dan semua kegiatan itu melibatkan perempuan,” tegasnya.

Maka dari itu, Raudatul berharap, partisipasi perempuan dapat terus meningkat keaktifannya dalam kegiatan pramuka. MC Kalsel/ARH

Mungkin Anda Menyukai