Dispersip Kalsel Beri Masukan Pengembangan Perpustakaan Daerah

Suasana Kunker Komisi I DPRD Tabalong beserta jajaran Dispersip Tabalong ke Dispersip Kalsel, Banjarmasin, Selasa (8/12/2020). MC Kalsel/Jml

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan mendapatkan kunjungan kerja dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tabalong bersama dengan jajaran Dispersip Tabalong, Banjarmasin, Selasa (8/12/2020).

Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani, menyambut baik kunjungan tersebut dan berkesempatan memberikan sejumlah masukan terkait dengan pengembangan perpustakaan daerah.

Menurut Nurliani, ada dua hal yang perlu diperhatikan oleh jajaran Dispersip Tabalong, yakni hubungan dengan media massa baik cetak maupun elektronik serta dengan stakeholder terkait.

“Tanpa bermaksud menggurui saya pun berbagi sedikit pengalaman dalam mengembangkan perpustakaan daerah milik provinsi. Berdasarkan pengalaman, kita memerlukan dukungan dari media massa dan DPRD terutama komisi yang membidangi sebagai mitra kerja mereka,” kata Nurliani.

Dengan memelihara hubungan kerja, Nurliani yakin Dispersip Tabalong akan mendapatkan dukungan yang lebih baik dari Pemerintah Daerah ataupun DPRD, baik secara moril maupun SDM-nya.

“Seperti yang mereka katakan bahwa banyak SDM mereka yang terlatih telah dimutasi. Untuk itu mereka butuh dukungan dari DPRD dan pemberitaan media untuk mengkomunikasikan dengan pimpinan daerah, selaku pejabat pembina kepegawaian di Kabupaten Tabalong,” jelas Nurliani.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Tabalong, Supriani, mengatakan pihaknya mengunjungi Dispersip Kalsel dalam rangka koordinasi dan konsultasi terkait pengelolaan arsip dan pengembangan perpustakaan daerah.

“Selain dalam rangka meningkatkan kinerja mitra kerja kami yakni Dispersip Kabupaten Tabalong, kunjungan ini juga sebagai bekal kami untuk melakukan kunjungan kerja ke Perpustakaan Nasional RI nantinya,” ujar Supriani.

Supriani pun sangat berterima kasih atas masukkan yang diberikan oleh Kepala Dispersip Kalsel dalam hal pengembangan perpustakaan daerah dan meminta Dispersip Tabalong untuk melakukan pembenahan secara bertahap.

“Kami lihat perpustakaan provinsi sangat terbenahi, sudah seperti perpustakaan tingkat nasional. Jadi, inilah yang akan kami minta terapkan secara bertahap kepada Dispersip Kabupaten Tabalong,” pungkas Supriani. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai