Kesiapan Surat Suara Pilkada HST Hampir Mencapai 100 Persen

Operator Logistik KPU Hulu Sungai Tengah, Yuli, memberikan keterangan terkait kesiapan logistik Pilkada, HST, Kamis (26/11/2020). MC Kalsel/Jml

Keperluan logistik penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Hulu Sungai Tengah hampir semuanya terpenuhi.

Operator Logistik KPU Hulu Sungai Tengah, Yuli, mengatakan untuk surat suara Pemilihan Gubernur dan Pemilihan Bupati sudah tercukupi. Hanya saja, untuk kotak suara masih kurang dari total yang harus diterima yakni 1.270 buah.

“Untuk kotak suara kurang sepuluh, tapi ini sudah kami laporkan. Dan untuk surat suara Pilgub sudah lengkap dan sudah selesai dilipat, sementara untuk Pilbub masih dalam tahap pelipatan,” kata Yuli, Hulu Sungai Tengah, Kamis (26/11/2020).

Untuk pelipatan surat suara, lanjut Yuli, KPU HST melakukan secara swakelola, dimana masing-masing komisioner KPU membawa dua orang terdekat yang bisa dipercaya untuk melakukan tugas tersebut.

“Pelipatan kami lakukan secara swakelola, dimana teman-teman di KPU membawa dua orang terdekatnya yang bisa dipercaya untuk melakukan tugas itu. Jadi setiap malamnya, ada sekitar 25 sampai 50 orang yang melakukan pelipatan surat suara itu,” kata Yuli.

Yuli pun mengatakan pihaknya sudah mulai mendistribusikan logistik
yang telah diperiksa ke sejumlah kecamatan, salah satunya Kecamatan Batang Alai Timur sebagai kecamatan terjauh.

Meskipun, diakui masih ada perlengkapan yang belum tercukupi seperti APD dan keperluan sanitasi yang mendukung penerapan protokol kesehatan.

“Untuk sekarang APD belum lengkap, tapi ada beberapa logistik yang sudah kita distribusikan. Pendistribusian paling jauh yakni ke Batang Alai Timur, ini memerlukan waktu selama dua hari. Hal ini disebabkan jalannya kurang memadai dan hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki,” kata Yuli. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai