Diskominfo Kalsel Berupaya Memperluas Penyebaran Informasi Pembangunan

Seksi SDKP dan Kehumasan Kalimantan Selatan memberi gambaran pengelolaan Media Center di Diskominfo Kalsel, Banjarmasin, Selasa (24/11/2020). MC Kalsel/AY

Sebagai pelaksana fungsi kehumasan pemerintah provinsi, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalimantan Selatan berupaya memperluas penyebaran informasi pembangunan di Kalsel.

Salah satu upaya yang dilakukan, yaitu menjalin keterhubungan dan kerja sama dengan Diskominfo kabupaten/kota selaku pengelola media pemerintah berbasis digital.

“Pada hari ini kami mengunjungi Diskominfo Banjarmasin untuk membangun keterhubungan dan mengetahui sejauh mana fungsi kehumasan telah dilaksanakan, termasuk terkait pemberitaan melalui website Media Center Banjarmasin,” kata Kepala Seksi Sumber Daya Komunikasi Publik dan Kehumasan Diskominfo Kalsel, Agustini Qamariah, Banjarmasin, Selasa (24/11/2020).

Menjawab hal tersebut, Kepala Bidang Statistik dan Pengelolaan Informasi Publik Diskominfo Banjarmasin, Yusma Rifani, mengatakan saat ini Diskominfo Banjarmasin bekerja sama dengan media cetak dan elektronik dalam hal pemberitaan, selain juga memiliki tenaga peliputan yang mengelola portal berita Media Center.

“Jadi, pemberitaan di Media Center berasal dari kerja sama media dan juga produksi sendiri oleh dua tenaga peliputan yang kami miliki,” ujar Yusma.

Yusma pun mengatakan masih perlu melakukan sejumlah perbaikan, termasuk dalam menghubungkan Media Center Banjarmasin dengan portal berita Kementerian Kominfo, yang saat ini terkendala keterbatasan SDM.

Selain fungsi kehumasan, pertemuan tersebut juga membahas tentang perkembangan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang dikelola Diskominfo Banjarmasin.

“Tahun lalu kami melaksanakan lima kegiatan untuk meningkatkan potensi KIM di Banjarmasin, namun tahun ini kegiatan serupa tidak bisa dilaksanakan karena pandemi Covid-19. Namun, kami tetap aktif berkoordinasi melalui aplikasi pesan singkat,” kata Yusma. MC/Kalsel/AY

Mungkin Anda Menyukai