SP4N-LAPOR! Kalsel Jalani Evaluasi Lanjutan Menuju Gelar Outstanding Achievement

Plt. Gubernur Kalsel, Rudy Resnawan, menyampaikan capaian, inovasi, dan rencana SP4N-Lapor! Kalsel pada evaluasi lanjutan Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Tahun 2020 secara virtual, Banjarbaru, Jumat (13/11/2020). MC Kalsel/Jml

Setelah berhasil melewati seleksi dokumen pada Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Tahun 2020, SP4N-LAPOR! Kalimantan Selatan melaju ke tahap evaluasi lanjutan yang semakin mendekatkan jarak untuk meraih gelar Outstanding Achievement.

Pada tahapan yang menghadirkan lima dewan juri dari berbagai sektor, seperti praktisi, akademisi, tokoh masyarakat, dan perwakilan LSM, Plt. Gubernur Kalimantan Selatan, Rudy Resnawan, menyampaikan bahwa Pemprov Kalsel telah berhasil menindaklanjuti aduan masyarakat, bahkan menjadikannya sebagai dasar sebuah kebijakan.

“Adapun beberapa aduan yang telah menjadi kebijakan Pemprov Kalsel, antara lain aduan terkait permohonan perbaikan dan pelebaran jembatan penghubung Kota Banjarmasin dan Kabupaten Banjar, aduan terkait swab massal, dan aduan terkait permohonan kuota pendidikan yang mana semua aduan tersebut sudah ditindaklanjuti dan diselesaikan,” ujar Rudy, Banjarbaru, Jumat (13/11/2020).

Berdasarkan data yang dimiliki, Rudy mengatakan bahwa pada tahun 2020 ini jumlah aduan mengalami peningkatan yang signifikan. Sebagai respon, SP4N-LAPOR! Kalsel pun telah melakukan pengembangan sistem berbasis QR Code, guna mengefisienkan proses penyampaian aduan maupun aspirasi.

“Dengan QR Code ini masyarakat dapat langsung menyampaikan aduan melalui dashboard LAPOR! Provinsi Kalimantan Selatan tanpa harus melalui dashboard nasional terlebih dahulu, sehingga tindak lanjut aduan menjadi lebih cepat,” kata Rudy.

Kedepan, Rudy menuturkan SP4N-LAPOR! Kalsel akan terus meningkatkan sinergi dengan stakeholder, selain juga berupaya untuk memperluas jangkauan pelayanan hingga menyentuh seluruh lapisan masyarakat.

“Guna meningkatkan pengelolaan pengaduan melalaui SP4N-LAPOR!, pada tahun 2021 nanti Pemprov Kalsel akan melakukan penandatanganan komitmen oleh kepala daerah se-Kalsel tentang keberlanjutan pengelolaan SP4N-LAPOR dan LAPOR! Susur Sungai! dalam rangka sosialisasi dan promosi LAPOR! kepada masyarakat yang berada di pesisir sungai, serta Rakor SP4N-LAPOR! se-Kalimantan,” kata Rudy. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai