BKKBN Kalsel Lakukan Pembinaan Program Banggsa Kencana di Kabupaten HSS

Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalsel melakukan pembinaan program bangga kencana ke Kampung KB di Desa Bajayau Tengah, Kecamatan Daha Barat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Senin (9/11/2020). MC Kalsel/tgh

Dalam rangka mendukung pelaksanaan program Bangga Kencana di daerah, Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalsel melakukan pembinaan ke Kampung KB di Desa Bajayau Tengah, Kecamatan Daha Barat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Dalam sambutannya, Kepala BKKBN Kalsel, Ramlan mengatakan perkembangan Program Kampung Keluarga Berkualitas harus selaras dengan surat edaran Kementerian Dalam Negeri No.843.4/2879/SJ tentang bagaimana meningkatkan kesertaan berKB dan menurunkan angka unmet need (masyarakat yang mau melakukan KB namun tidak terlayani), penurunan angka kemiskinan, menurunkan angka stunting serta menurunkan angka kematian ibu dan anak.

Adapun tujuan pembinaan program bangga kencana ke Kampung KB guna meningkatkan kualitas hidup individu, keluarga dan masyarakat di tingkat Desa atau Kelurahan melalui penguatan program pembangunan terpadu dan berkelanjutan. Selanjutnya, pengintegrasian peran pemerintah, lembaga non pemerintah dan swasta dalam memfasilitasi, mendampingi, membina, serta memberikan pelayanan kepada keluarga dan masyarakat.

“Fokus Kampung KB adalah pengembangan data terpadu tingkat Desa, program keluarga berencana, program pembangunan keluarga dan program komunikasi perubahan perilaku untuk kemudian dipadukan dengan program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga, program jaminan dan perlindungan sosial, program wajib belajar dan program peningkatan infrastruktur desa,” kata Ramlan, Senin (9/11/2020).

Oleh karena itu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja program bangga kencana khususnya di kampung KB. 

‚ÄúTentu saja kami memerlukan partisipasi semua pihak yaitu camat, kepala desa lurah, tokoh agama, pemerintah maupun masyarakat sehingga menjadi gerakan yang masif untuk mendukung kesejahteraan masyarakat desa,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan keluarga berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKPPPPA) Kabupaten HSS, Is Susilastuti menyambut baik dengan kedatangan kepala BKKBN Kalsel berserta jajaran untuk pembinaan Kampung KB yaitu khususnya Kampung KB, Desa Bajayau Tengah, Kecamatan Daha Barat.

“Kampung KB ini dibentuk pada tahun 2017 dan sampai saat ini juga sudah banyak SKPD melakukan intervensi untuk kemajuan Kampung KB. Diantaranya yang sudah melakukan adalah dari Dinas Perikanan, kantor kemenag dan KUA kecamatan Daha Barat,” ucap Susilastuti.

Maka dari itu, ada beberapa kegiatan di Kampung KB yaitu kegiatan penyuluhan bangga kencana, sosialisasi untuk ketahanan keluarga, pembinaan untuk kelompok keluarga balita, bina keluarga remaja, bina keluarga lansia dan kelompok UPPKS dan Pik remaja.

“Jadi diharapkan masyarakat dapat ikut berKB khususnya di Desa Bajayau Tengah. Mudah-mudahan Kampung KB ini bisa semakin maju lagi,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai