Tim SWA Award Lanjutkan Kunjungan Ke Barito Kuala

Tim juri sanitasi dan air minum tuntas Waja Sampai Kaputing (SWA) Award Provinsi Kalsel mengunjungi Kabupaten Barito Kuala, Jumat (6/11/2020). MC Kalsel/tgh

Tim juri Sanitasi dan Air Minum Tuntas Waja Sampai Kaputing (SWA) Award Provinsi Kalsel melanjutkan kunjungan ke Kabupaten Barito Kuala. 

Setibanya rombongan disambut langsung oleh Pj Sekda Kabupaten Barito Kuala, Abdul Manaf dan jajaran Pejabat di Aula Kantor Bupati.

Dikesempatannya, Abdul Manaf sangat meapresiasi SWA Award sebagai upaya peningkatan dalam sektor sanitasi dan penyediaan air minum baik secara kualitas maupun kuantitas, serta diharapkan berdampak baik bagi derajat kesehatan dan kehidupan masyarakat pada masa yang akan datang.

“Sanitasi memegang peranan penting bagi pembangunan SDM yang berkualitas. Sanitasi yang baik dan layak merupakan salah satu faktor penunjang kesehatan masyarakat,” kata Manaf, Jumat (6/11/2020).

Selain itu, Pemerintah masih menjadi tumpuan harapan masyarakat dalam menangani berbagai permasalahan yang berkaitan dengan pembangunan pada bidang ini.

“Penting untuk kita perhatikan dan sadari bersama, bahwa segala aspek dan bidang pembangunan, termasuk sanitasi diperlukan sinergitas antar berbagai stakeholder termasuk dunia usaha dan masyarakat agar segala yang menjadi keinginan kita dapat diwujudkan dengan baik dan berdaya guna bagi semua pihak,” ujarnya.

Oleh sebab itu, merujuk pada UU 23 tahun 2014, tentang urusan Pemerintahan wajib yang berkaitan dengan Pelayanan Dasar, pembangunan sanitasi dan penyediaan air minum termasuk didalamnya.

“Walau tidak dijelaskan secara ekslusif. Namun pembangunan bidang ini merupakan bagian integral dari urusan PUPR,” ungkapnya.

Maka dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Barito Kuala berkomitmen untuk terus memberikan perhatian penuh serta proposional terhadap pembangunan sanitasi dan penyediaan air minum, dengan mengalokasi anggaran yang memadai pada setiap tahunnya baik pada belanja program dan kegiatan maupun bentuk pembiayaan lainnya termasuk hibah.

Manaf berharap kunjungan tim penilai SWA Award dapat memberikan bimbingan, arahan dan pembinaan. “Hal ini sebagai upaya Pemkab Batola dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan pada bidang sanitasi dan penyediaan air minum,” tutupnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai