Pemprov Kalsel Dukung Kegiatan BPIP

Gelar Pertemuan BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila) Republik Indonesia terhadap Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) di Ruang Rapat PM Noor Setdaprov Kalsel, Banjarbaru, Senin (2/11/2020). MC Kalsel/Rol

Pemprov Kalsel mendukung dan bekerjasama dengan BPIP dalam pelaksanaan kegiatan BPIP di Kalsel.

Plt Gubernur Kalsel, Rudy Resnawan menyampaikan, Pemprov Kalsel siap mendukung dan bekerjasama dalam kegiatan BPIP di Kalsel untuk membantu anggaran pelaksanaan Lokakarya.

“Karena ini merupakan aktivitas pertama BPIP di Kalsel. Untuk kegiatan nanti, Kalsel akan menjadi tuan rumah dalam Lokakarya penyusunan cetak biru sistem Nasional Pendidikan dan Pembinaan Ideologi Pancasila yang dilaksanakan 17 s.d 20 November 2020,” kata Rudy, Banjarbaru, Senin (2/11/2020).

Direktur Perencanaan dan Kerjasama Pendidikan dan Pelatihan BPIP, Sadono Sriharjo menyampaikan, bahwa BPIP merupakan lembaga yang bertanggung jawab kepada Presiden dengan tugas membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila, melaksanakan koordinasi, sinkronisasi dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan.

“Kami melaksanakan penyusunan standarisasi pendidikan/pelatihan, menyelenggarakan pendidikan/pelatihan, serta memberikan rekomendasi berdasarkan hasil kajian terhadap kebijakan atau regulasi yang bertentangan dengan Pancasila kepada lembaga tinggi negara, kementerian, pemerintahan daerah, organisasi sosial politik dan komponen masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, menurut Kepala Pusat Data dan Informasi BPIP, Yakob KM, dengan pertemuan ini berharap Kalsel bisa lebih maju dan BPIP dapat mengembangkan ideologi Pancasila di seluruh Indonesia.

“Alasan kami memilih Kalsel, karena Kalsel sangat paham keberagaman dan kultur toleransinya sangat tinggi. Oleh sebab itu Kalsel adalah pilihan yang sangat tepat untuk menjalankan pelatihan sebagai new model untuk seluruh Indonesia,” tuturnya.

Selain itu, peserta pelatihan akan dibatasi untuk menghindari kerumunan sehingga akan dimaksimalkan melalui daring.

Lanjut Yakob menyampaikan, pada tahun 2021 akan mempunyai program membuat video khusus mengangkat nilai-nilai Pancasila.

“Nanti diharapkan di Kalsel bisa menampilkan video budaya toleransinya dan akan bekerjasama dengan Dinas Pariwisata untuk melakukan video dokumenter sebagai pemersatu bangsa dan ideologi Pancasila,” tutupnya. MC Kalsel/Rol

Mungkin Anda Menyukai