Disdag Kalsel Edukasi Masyarakat menjadi Konsumen Cerdas

Kepala Disdag Kalsel, Birhasani, memberikan keterangan tentang edukasi konsumen, Banjarmasin, Selasa (27/10/2020). MC Kalsel/scw

Dalam rangka memperingati Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada bulan April, Dinas Perdagangan (Disdag) Kalimantan Selatan berupaya mengedukasi masyarakat untuk menjadi konsumen yang cerdas dan selektif.

Edukasi tersebut akan ditayangkan di TVRI Kalimantan Selatan pada Rabu (28/10) sore dan disiarkan ulang oleh salah satu radio swasta pada Kamis (29/10) pagi.

“Ini bertujuan untuk menjadikan konsumen di Kalimantan Selatan menjadi konsumen yang cerdas dan berdaya. Masyarakat sebagai konsumen harus betul-betul cerdas dengan meneliti produk-produk yang akan dibeli sebelum bertransaksi,” kata Kepala Disdag Kalsel, Birhasani, Banjarmasin, Selasa (27/10/2020).

Sedangkan yang dimaksud berdaya, yaitu masyarakat sebagai konsumen agar tidak menyerah ketika mengalami permasalahan dengan produk yang dibeli.

“Kalau ternyata di tingkat pedagang dengan konsumen tidak bisa diselesaikan dapat ditempuh dengan cara lain, misal melaporkannya dengan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK),” terang Birhasani.

Konsumen yang kritis, lanjut Birhasani, akan mendorong produsen untuk menghasilkan produk yang lebih berkualitas

“Ini juga berdampak pada produk Indonesia, jika konsumen cerdas dan kritis maka tentunya pelaku usaha akan berhati-hati dalam produksi. Para pedagang atau produsen yang kualitasnya itu tidak baik akan tersingkir sendirinya,” kata Birhasani.

Birhasani pun berharap edukasi yang diberikan dapat memberikan manfaat bagi pedagang, konsumen maupun masyarakat secara umum.

“Edukasi konsumen ini tentunya menjadi tanggung jawab bersama, sehingga para pelaku usaha harus membuat produk-produknya berstandar SNI halal sesuai dengan izin-izin standar produksi,” kata Birhasani. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai