Dinas PMD Kalsel Dorong Kreativitas Masyarakat Desa

Kepala Dinas PMD Kalsel, Zulkifli, memberikan keterangan terkait kreativitas desa, Banjarbaru, Selasa (27/10/2020). MC Kalsel/Ar

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kalimantan Selatan mendorong masyarakat desa untuk meningkatkan kreativitas dan mengembangkan potensi desa masing-masing.

“Setiap desa itu mempunyai kewenangan sendiri dan masyarakatnya pun bisa memiliki kreativitas untuk mengembangkan perekonomian,” ujar Kepala Dinas PMD Kalsel, Zulkifli, Banjarbaru, Selasa (27/10/2020).

Dikatakan Zulkifli, Pemerintah Desa dan masyarakat harus bisa memberdayakan seluruh potensi yang dimiliki.

“Apabila desa itu bisa menjaga lingkungan sekitar, seperti sanitasi lingkungan, maka kreativitas dapat dikelola juga oleh masyarakat,” tambah Zulkifli.

Zulkifli pun mengatakan setiap desa memiliki karakteristik yang berbeda, mulai dari keanekaragaman hayati, keanekaragaman intelektual hingga kearifan lokal, sehingga memerlukan kejelian untuk dapat memaksimalkan potensi.

“Maka dari itu, setiap desa bisa menggali potensi-potensi yang ada agar desa itu bisa berkembang, maju dan mandiri kedepannya,” tukas Zulkifli. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai